Latmil TNI Subang 1949

Foto Kemerdekaan: Foto-Foto Perjuangan Perang Kemerdekaan 1945 – 1949 – HobbyMiliter.com – Kali ini, HobbyMiliter mempersembahkan beberapa foto foto perjuangan kemerdekaan Indonesia yang diambil di jaman Perang Kemerdekaan 1945-1949. Di masa ini para pejuang berjuang mempertahankan kemerdekaan yang baru seumur jagung dari rongrongan penjajah yang mau merebut kembali daerah jajahannya dan bahkan juga, pemberontak bangsa sendiri. Beberapa foto kemerdekaan mungkin agak terlalu kejam sehingga bisa jadi termasuk kategori Not Safe For Work.

Dari foto foto kemerdekaan Indonesia berikut kita bisa mengambil hikmah bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini, direbut dan dipertahankan dengan darah, dengan tidak cuma cuma. Karena itu mari kita hargai jasa para pahlawan kita dengan membangun negeri ini!

BACA JUGA :  Mengenal Silas Papare, Pahlawan Nasional Yang Namanya Diabadikan Sebagai Nama Kapal Perang RI

Slamet Rijadi, Foto KemerdekaanFoto Penandatanganan penyerahan kota Solo dan Pacitan dari Belanda ke pasukan Republik di Stadion Solo 12 November 1949. Belanda diwakili oleh Kolonel van Ohl dan Republik Indonesia diwakili oleh Letnan Kolonel Slamet Rijadi. Tampak Mayor Jendral Mollinger dibelakang keduanya. Letkol Slamet Rijadi sebelumnya memimpin perjuangan kemerdekaan indonesia dalam Serangan Umum Surakarta melawan pasukan Kol. Van Ohl, 7-10 Agustus 1949.

Latihan TNI di Subang 1947, Foto KemerdekaanFoto Latihan militer TNI di Subang, 1947. Pasca kemerdekaan, untuk melanjutkan perjuangan TNI melaksanakan reorganisasi dan juga latihan latihan militer. Tampak diujung jalan, pabrik gula yang sekarang menjadi RNI, dan rel lori tebu di samping jalan.

BACA JUGA :  Foto Foto Darurat Militer Aceh 2003-2004, Operasi Militer Lawan GAM

Laskar Kemerdekaan Cirebon, 1947 - perang kemerdekaanFoto Pejuang Anggota Laskar Kemerdekaan, Cirebon 1947. Di seluruh Indonesia, rakyat membentuk laskar laskar kerakyatan, untuk melakukan perjuangan, yang kemudian memperoleh senjata dengan berbagai cara, membeli dari pasar gelap, merampas senjata eks jepang hingga bahkan merakit sendiri. Laskar laskar kerakyatan ini yang kemudian dilebur bersama BKR menjadi TNI.

Latmil TNI Subang 1949 - perang kemerdekaanFoto Pejuang TNI sedang melakukan latihan militer di Subang, 1949. Tampak seragam TNI saat itu masih belum menggunakan standard issue, begitu juga senjatanya, masih belum seragam. Di tengah keterbatasan, hanya semangat juang yang membuat mereka melakukan perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

BACA JUGA :  KRI Kelas Van Speijk

Latmil Subang foto kemerdekaan indonesiaFoto Pejuang TNI sedang melakukan latihan militer di Subang, 1949. Sebagai anggota militer, berbagai taktik penyerangan bersenjata, tetap dipelajari. Tampak anggota TNI sedang melakukan latihan teknik penghadangan/ambush.

6 COMMENTS

  1. Sedikit menambahkan, PG. Subang pada awal pendiriannya sudah tidak menggunakan sistem angkutan tebu denga lori, karena saat pengambilalihan PTP. XXX oleh PT. RNI (dh. PTP XIV) areal sekitar pasirbungur dan sekitarnya sudah tidak ada kagi jalur lori, sepertinya mungkin itu masih pada jaman P&T Lands (Pamanoekan & Tjiasem ), dan mungkin menggunakan dual gauge rel karena ada 3 bilah lajur rel sepertinya yang satu uk. 70 cm yang lainnya mungkin 90 cm, trims mungkin ada yang bisa bantu tambahkan keterangan …ayo kita berbagi pengetahuan.

  2. Sekian ratus tahun dijajah belanda tentu saja rakyat menderita, oleh karena itu patutlah buat kita generasi muda menghargai jasa para pahlawan, menegakkan pancasila dan NKRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here