Saturday, April 20, 2024
HomeJepang Lipatgandakan Unit F-15s Di Pangkalan Okinawa Dekat Pulau Sengketa

Jepang Lipatgandakan Unit F-15s Di Pangkalan Okinawa Dekat Pulau Sengketa

Hobbymiliter.com – Angkatan Bersenjata Jepang telah melipatgandakan jumlah unit jet tempur F-15 yang ditempatkan di pangkalan militer di Pulau Okinawa, yang berada di selatan wilayah Jepang dan dekat dengan sebuah pulau yang diperebutkan oleh Tokyo dan Beijing di Laut Cina Timur. Demikian disampaikan oleh Kementerian Pertahanan Jepang pada hari Minggu (31/1).

Pasukan Pertahanan Diri Udara Jepang kini memiliki sekitar 40 unit F-15s di pangkalan militer Naha yang bertempat di Okinawa, kata pihak kementerian pertahanan.

Langkah ini diambil oleh Tokyo mengingat Jepang dan Tiongkok seringkali bentrok karena saling klaim kepemilikan pulau Senkaku di Laut Cina Timur. Pulau ini sendiri masih dikendalikan oleh Tokyo, yang pertama kali mengklaim kepemilikannya setelah menguasai pesisir Tiongkok timur (Manchuria) pada Perang Dunia II.

BACA JUGA :  UAV Sparrow Siap Jalani Uji Kelayakan Produksi

Jepang menyatakan pulau tak berpenghuni tersebut bernama Senkaku, namun Tiongkok juga mengklaim pulau tersebut dengan nama Diaoyu.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

44-taktik-rahasia-pasukan-suriah-merebut-kota-perbatasan-turki

Taktik Rahasia Pasukan Pemerintah Suriah Merebut Kota Di Perbatasan Turki

0
Hobbymiliter.com - Minggu lalu, pasukan pemerintah Suriah berhasil merebut kembali kota Salma. Terletak di barat luat Latakia, sekitar 23 kilometer dari perbatasan Turki, kota ini...

Recent Comments