Friday, April 19, 2024
HomeBlog MiliterBerita MiliterBocoran Rumor Tank Mutakhir Buatan Tiongkok Muncul Ke Publik

Bocoran Rumor Tank Mutakhir Buatan Tiongkok Muncul Ke Publik

Hobbymiliter.com – Rumor mengenai tank ringan milik Tiongkok pertama kali muncul pada 2011 silam. Kini, informasi terbaru mengenai bocoran tank ini muncul ke permukaan. Dikabarkan, unit tank ini akan mengusung lapisan pelindung yang dapat disesuaikan, serta senjata berlaras 105 mm.

Pasukan Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) pertama kali mengembangkan unit tank pada 1962. Unit yang diberi kode nama WZ-131 bertipe 62 ini dirancang untuk melewati medan jembatan sempit dan dataran berbatu di wilayah selatan Tiongkok.

Tank terbaru inipun akan mengikuti rancangan serupa, dengan bobot yang ringan. Demikian disampaikan oleh portal web Tiongkok, Sina pada bulan Januari silam.

BACA JUGA :  Taiwan Tembakkan Rudal Hsiung Feng II Dari Kapal Penjaga Pantai

Situs web tersebut mengkonfirmasi bocoran sebelumnya yang mengatakan kendaraan ini memiliki bobot sekitar 35 ton dan dilengkapi senjata berlaras 105 mm. Meskipun Sina mengklaim bahwa tank ini membutuhkan empat orang awak, namun meriamnya sudah mendukung teknologi muatan otomatis, jadi sebenarnya hanya membutuhkan tiga orang.

Sistem penglihatan dan lensa optik pada tank ini didasarkan pada T-99A2, yakni tank tempur utama generasi ketiga milik tentara Tiongkok. Tank ini juga kemungkinan dipersenjatai dengan radar pendeteksi ranjau. Sedangkan meriamnya dapat menembus lapisan pelindung kendaraan musuh yang memiliki ketebalan hingga 500 mm.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Kunjungan Atase Pertahanan Perancis ke Koarmatim

Atase Pertahanan Perancis Kunjungi Markas Komando Armada Timur TNI AL, Tingkatkan...

0
Senin, 26 September 2016 kemarin Markas Komando Armada Timur (Makoartmatim) kedatangan tamu jauh. Tamu tersebut yakni Atase Pertahanan Perancis, Captaine De Fregate Gael Lacroix....

Recent Comments