Friday, April 19, 2024
HomeInilah Alasan Tiongkok Beli 24 Unit Sukhoi Su-35 Dari Rusia

Inilah Alasan Tiongkok Beli 24 Unit Sukhoi Su-35 Dari Rusia

Hobbymiliter.com – Pembelian 24 unit jet tempur Sukhoi Su-35 buatan Rusia dengan total biaya $2 miliar adalah transaksi militer terbesar kedua dalam sejarah Rusia dan Tiongkok. Demikian ditulis oleh Carnegia Moscow Center.

Setahun silam, kedua negara menandatangani kontrak untuk menyuplai empat batalion sistem rudal anti pesawat S-400, dengan total nilai sebesar $1,9 miliar. Negosiasi ini awalnya berjalan pada 2010 dan berhasil diselesaikan pada 2014. Laporan sebelumnya menyebutkan bahwa pengiriman perangkat ini akan dimulai pada tahun 2016, sementara proses transfer komponen utamanya akan dilakukan pada 2017-2018.

BACA JUGA :  Israel Paksa Erdogan Jawab Tuduhan Kerjasama Turki Dengan ISIS

Melihat kelebihan jet tempur Rusia yang baru saja dibeli oleh Tiongkok, dapat dipastikan bahwa Beijing sedang mencari cara tambahan untuk membangun kemampuan pertahanan udara mereka.

Sebagaimana disampaikan dalam laporan Carnegia Moscow Centre, Tiongkok saat ini sedang mengembangkan dua model jet tempur, yakni J-20 dan J-31. Namun, hanya J-20 lah yang layak dianggap sebagai jet tempur generasi kelima.

Meskipun J-31 menggunakan teknologi siluman, namun komponen utama dan suku cadangnya dipinjam dari jet tempur generasi keempat seperti J-10B, J-16, dan FC-1. Demikian tulis laporan tersebut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

AU Australia Lengkapi Jet Tempur Super Hornet Dengan IRST

0
AU Australia Lengkapi Jet Tempur Super Hornet Dengan IRST - HobbyMiliter.com - Angkatan Udara Australia (Royal Australian Air Force atau biasa disingkat RAAF) dikabarkan berencana...

Recent Comments