Friday, April 19, 2024
HomeKejutan Beijing: Ekspor Senjata Tiongkok Naik Dua Kali Lipat

Kejutan Beijing: Ekspor Senjata Tiongkok Naik Dua Kali Lipat

Hobbymiliter.com – Sebagaimana angka investasi militer Tiongkok yang terus menanjak, ekspor senjata negeri tirai bambu pun semakin meningkat, dengan angka dua kali lipat dalam lima tahun terakhir.

Berdasarkan laporan terbaru yang diterbitkan oleh Stockholm International Peace Research Institue (SIPRI), Beijing mengalami penurunan tajam di bidang impor senjata dan justru sebaliknya di bidang ekspor.

Dalam rentang 2011-2015, persentase impor Tiongkok menurun 25 persen dibandingkan lima tahun sebelumnya. Pada periode yang sama, angka ekspor senjata mereka hampir menanjak dua kali lipat, yakni sebanyak 88 persen, sesuai dengan pertumbuhan ekonomi makro negaranya. Tahun 2015 saja, SIPRI mencatat bahwa ekspor senjata Tiongkok naik 143 persen.

BACA JUGA :  Rusia Siagakan Pasukan Dekat Perbatasan Ukraina

Angka ini menunjukkan kepercayaan diri Tiongkok dalam mengembangkan alutsista dalam negerinya sendiri.

“10 tahun silam Tiongkok hanya mampu menjual peralatan senjata berteknologi rendah. Hal ini sudah berubah,” kata Siemon Wezeman, peneliti senior di SIPRI Arms and Military Expenditure Programme.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Jepang Siapkan 240 Milyar Dollar AS Untuk Anggaran Pertahanan

Jepang Siapkan 240 Milyar Dollar AS Untuk Anggaran Pertahanan

0
Jepang Siapkan 240 Milyar Dollar AS Untuk Anggaran Pertahanan - HobbyMiliter.com - Pemerintah Jepang yang dipimpin oleh perdana menteri Shinzo Abe dikabarkan telah mengesahkan...

Recent Comments