Wednesday, April 24, 2024
HomeAntisipasi Gejolak Timor Leste, TNI Siagakan 2 Batalyon di Perbatasan

Antisipasi Gejolak Timor Leste, TNI Siagakan 2 Batalyon di Perbatasan

Hobbymiliter.com –  Pada 22-23 Maret 2016, ribuan warga Timor Leste melakukan unjuk rasa menuntut perundingan ulang antara Timor Leste dan Australia terkait dengan batas laut Timor dan pengelolaan bersama sumber daya alam di laut.

Unjuk rasa besar-besaran yang dilakukan di depan kantor Kedutaan Besar Australia di Dili ini, diikuti oleh ribuan warga Timor Leste yang terdiri dari para pegawai negeri sipil (PNS), siswa sekolah menengah atas (SMA), hingga lembaga swadaya masyarakat. Sehingga sempat membuat pemerintah di negara tersebut menjadi lumpuh total.

BACA JUGA :  42 Helikopter AU Turki Hilang, Pengamat Khawatirkan Kudeta Militer Kedua

Para demonstran menuntut perundingan ulang terkait batas wilayah Laut Timor dengan pihak Australia. “Gerakan massa ini sebagai bagian untuk mendukung upaya diplomasi yang sedang dilakukan pemerintah Timor Leste yang diwakili Xanana Gusmão,” ujar Pelaksana Harian ACBN Nuno Corvelo Lolaran, Rabu, 23 Maret 2016.

Garis batas wilayah kelautan Australia di Laut Timor, dinilai pendemo terlalu masuk area kelautan Timor Leste atau tidak sesuai dengan hukum internasional terkait dengan batas laut territorial. Australia dinilai telah mengekspansi atau mengokupasi wilayah kelautan Timor Leste.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pemberontak Houthi Tembakkan Rudal Ke Basis Militer Arab Saudi

Pemberontak Houthi Tembakkan Rudal Ke Basis Militer Arab Saudi

0
HobbyMiliter.com - Pemberontak Houthi Tembakkan Rudal Ke Basis Militer Arab Saudi. Sebuah peluru kendali (rudal) dilaporkan menghantam sebuah pangkalan militer milik Arab Saudi, Minggu malam waktu...

Recent Comments