Saturday, April 20, 2024
Home2021, US Air Force Pakai Sistem Mata-Mata Luar Angkasa Generasi Terbaru

2021, US Air Force Pakai Sistem Mata-Mata Luar Angkasa Generasi Terbaru

Hobbymiliter.com – Angkatan Udara Amerika Serikat berencana untuk meluncurkan sistem mata-mata luar angkasa (Space-Based Surveillance System/SBSS) pada tahun 2021 mendatang. Sisitem ini akan digunakan untuk melacak obyek antariksa, terutama satelit, dengan mengorbit secara sinkron dengan pergerakan Bumi. SBSS ini akan melayang dengan ketinggian 36.000 kilometer diatas garis khatulistiwa, yang merupakan titik rebutan para negara-negara berkekuatan antariksa untuk meluncurkan satelitnya.

Kompetisi antar negara untuk menempatkan satelitnya di titik tersebut bukan tanpa alasan. Banyak keuntungan yang akan didapat jika satelit diorbitkan ke titik tertentu dari arah permukaan Bumi. Potensi keuntungan ini membuat Amerika Serikat khawatir Rusia dan Tiongkok akan lebih dahulu memanfaatkannya. Oleh karenanya, SBSS pun menjadi prioritas Pentagon.

BACA JUGA :  China Beri Sanksi Lockheed Martin Dan Raytheon

Satelit mata-mata generasi sebelumnya, Bloc 10 Pathfinder, diluncurkan pada 2010 silam. Awalnya, satelit tersebut diprogram untuk berfungsi selama 7 tahun, namun kemudian umurnya diperpanjang hingga 2020 mendatang, bersamaan dengan peluncuran tiga unit satelit mata-mata ke orbit Bumi.

Sekitar 27 juta dollar telah dianggarkan oleh US Air Force untuk membiayai program tersebut. Program perpanjangan hidup satelit Pathfinder awalnya membuat jadwal program SBSS berubah. Namun, perubahan tersebut justru membuat dana anggaran menjadi lebih hemat 11 juta dollar. US Air Force pun mengirim surat kepada Kongres AS dan menyatakan bahwa mereka menerima kelebihan dana untuk memulai ulang program SBSS.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

TNI melayani kontak tembak dengan Gerakan Aceh Merdeka, 2003

Foto Foto Darurat Militer Aceh 2003-2004, Operasi Militer Lawan GAM

1
Foto Foto Darurat Militer Aceh 2003-2004, Operasi Militer Lawan GAM - HobbyMiliter.com. Di tahun 2003, pemerintah memutuskan melakukan operasi militer terpadu melawan Gerakan Aceh...
Lt Col. Reka "Icepack" Budiarsa

Hawk 109 Skadron Udara 12

Recent Comments