Thursday, April 25, 2024
HomeKepala Komando Timteng AS: Kami Tetap Dukung Kurdistan Meski Dibenci Turki

Kepala Komando Timteng AS: Kami Tetap Dukung Kurdistan Meski Dibenci Turki

Hobbymiliter.com – Amerika Serikat mempertegas sikapnya untuk tetap mendukung pasukan paramiliter Kurdistan di Suriah, meskipun ditentang oleh Turki. Ankara secara terang-terangan menyebutkan bahwa pihaknya akan meluluhlantakkan posisi Kurdistan di Suriah.

“Mereka (Unit Perlindungan Rakyat Kurdi/YPG) telah menepati janji kepada kami, untuk bergerak ke arah timur Sungai Efrat demi memenuhi salah satu permintaan Ankara,” ujar Kepala Komando Timteng AS, Jenderal Joseph Votel.

YPG adalah sayap militer Partai Persatuan Demokratik (PYD), yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh pemerintah Turki. Amerika Serikat menganggap YPG sebagai kelompok paramiliter yang paling efektif dalam perang memberantas ISIS di Suriah.

BACA JUGA :  Helikopter Tempur Sea King AU Malaysia Jatuh Timpa Sekolah

Namun pemerintah Turki menyanggah pernyataan Votel dengan menyebut bahwa pasukan YPG malah bergerak ke arah timur perbatasan kota Jarablus, yang kini dikuasai Turki setelah mengerahkan sejumlah tank dan alutsista mekanik kesana. Kehadiran pasukan Turki hanya mendapat sedikit perlawanan.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Turki, Tanju Bilgic mengatakan Duta Besar AS untuk Turki telah dipanggil untuk mendengarkan permintaan Turki mengenai YPG. Ankara meminta agar “YPG segera kembali mundur ke wilayah timur (Sungai) Efrat.” Bilgic menyebut “tindakan YPG sangat tidak dapat ditolerir karena tidak mampu memenuhi janji AS dalam hal memundurkan posisi mereka.”

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Beechcraft Baron, Pesawat Sejenis yang Dioperasikan TNI-AL

Pesawat Latih Baru TNI AL

0
HobbyMiliter.com - Menjelang Hari Armada, TNI AL menerima dua unit pesawat latih baru. Pesawat latih TNI AL Beechcraft Baron G58 tersebut mendarat di Lanudal...

KAI T-50TH LIFT Thailand

Recent Comments