Friday, April 19, 2024
HomeIndia dan Prancis Tandatangani Pembelian 36 Unit Jet Dassault Rafale

India dan Prancis Tandatangani Pembelian 36 Unit Jet Dassault Rafale

Hobbymiliter.com – Komite kabinet India telah menyetujui pembelian 36 unit jet tempur Rafale buatan pabrikan Prancis, Dassault. Langkah ini merupakan bentuk antisipasi India untuk mengimbangi kekuatan militer Tiongkok yang semakin menunjukkan sikap agresif.

Pejabat senior Kementerian Pertahanan India mengatakan komite kabinet Perdana Menteri Narendra Modi telah memberi lampu hijau untuk pembelian jet tempur tersebut, setelah mengadakan pertemuan di New Delhi. Menteri pertahanan kedua negara sudah menandatangani pembelian tersebut tepat hari ini (Jumat, 23 September 2016).

BACA JUGA :  Latihan Bersama Hercules-2 Di Mesir Resmi Dimulai

“Kontrak tersebut sudah disetujui pada sebuah pertemuan terbatas pada Selasa (20 September 2016) yang lalu,” ujar sang pejabat yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut kepada kantor berita AFP.

Sang pejabat mengatakan poin-poin tambahan seperti harga unit dan formalitas pembelian akan dibahas setelah acara penandatanganan.

Sebelumnya, kantor kepresidenan Prancis telah mengumumkan bahwa Menteri Pertahanan Jean-Yves Le Drian akan bertolak ke New Delhi pada hari ini. Kepresidenan Prancis menyebut kunjungan Le Drian merupakan hasil persetujuan antara PM Narendra Modi dan Presiden Francois Hollande saat bertemu di konferensi G20 Hangzhou, Tiongkok.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Harimau Medium Tank Kerjasama Indonesia – Turki Mulai Dikirimkan ke Indonesia

Harimau Medium Tank Kerjasama Indonesia – Turki Mulai Dikirimkan ke Indonesia

0
Hobbymiliter.com – Pada hari Selasa, 15 Maret 2022, telah dilakukan acara serah terima simbolis tank medium Harimau antara pihak FNSS Turki dengan pihak militer...

Recent Comments