Saturday, April 20, 2024
HomeParlemen AS Siap Membalikkan Veto Obama Soal UU 11 September

Parlemen AS Siap Membalikkan Veto Obama Soal UU 11 September

Hobbymiliter.com – Presiden AS Barack Obama telah menggunakan hak vetonya untuk mencabut rancangan undang-undang “Justice Against Sponsors of Terrorism Act” atau yang dijuluki The 9/11 Bill. Jika disahkan menjadi undang-undang, maka keluarga korban teror 11 September 2011 akan dimungkinkan untuk mengadukan Arab Saudi ke pengadilan dan meminta ganti rugi.

Pasca melakukan veto, Obama berpesan bahwa undang-undang semacam ini akan berpengaruh negatif dan berpotensi “merusak” kepentingan keamanan nasional Amerika serta negara-negara sekutunya.

Rancangan undang-undang yang telah disetujui oleh Kongres AS pada 9 September silam, kata Obama “tidak akan meningkatkan keamanan warga Amerika dari serangan terorisme, dan malah mengganggu kepentingan AS yang paling mendasar.” Obama juga mengaku keluarga korban belum tentu akan mendapat keadilan melalui undang-undang tersebut.

BACA JUGA :  Kunjungan Angkatan Laut China ke Pearl Harbour

Komite Uni Eropa juga menyatakan dukungannya kepada Obama untuk memveto rancangan undang-undang tersebut. Mereka memperingatkan bahwa aturan semacam ini akan “membebani hubungan bilateral antara negara-negara di dunia.”

Sejak rancangan “The 9/11 Bill” dicanangkan, Arab Saudi dan negara-negara teluk sangat menentang gagasan tersebut. Riyadh mengancam akan menjual seluruh cadangan devisa dollar AS senilai $750 miliar (9700 triliun rupiah) yang mereka miliki jika RUU tersebut disahkan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

SSV 2 Ready to launch

Update Perkembangan Produksi Kapal SSV 2 Pesanan AL Filipina, BRP Davao...

0
Departemen Pertahanan Filipina telah memesan sebanyak 2 unit kapal perang jenis Strategic Sealift Vessel (SSV) kepada perusahaan BUMN galangan kapal nasional Indonesia, PT. PAL...

Recent Comments