Wednesday, April 24, 2024
Home2017, Littoral Mission Vessel Pertama Bertugas Di AL Singapura

2017, Littoral Mission Vessel Pertama Bertugas Di AL Singapura

HobbyMiliter.com – RSS Independence, kapal perang kelas Littoral Mission Vessel pertama milik Angkatan Laut Singapura akan beroperasi mulai tahun 2017 mendatang. Dikutip dari janes.com, kapal perang tersebut akan memasuki masa dinas aktif di jajaran AL Singapura pada bulan Mei 2017.

RSS Independence Navigation bridge
Pusat kendali navigasi RSS Independence (15), tampak bahwa keseluruhan sistem telah dibangun dalam konsol full digital.
Sumber : janes.com

Letnan Kolonel Chew Chun-Chau, kepala program Littoral Mission Vessel Singapura menyatakan pada media saat berada di atas kapal RSS Independence (15), 30 September 2016 lalu, bahwa uji coba sistem manajemen tempur atau CMS kapal dan sistem pendukung untuk berbagai misi yang akan dibebankan pada kapal ini, akan dilakukan pada bulan – bulan persiapan menuju masuknya LMV pertama ini kedalam masa operasional.

BACA JUGA :  KRI Nagapasa Akan Dilengkapi Sistem Penghalau Torpedo ZOKA Buatan Turki

Letkol Chew juga menyatakan bahwa program riset dan pengembangan sedang dilakukan untuk membangun beberapa jenis modul misi yang akan memampukan kapal untuk dapat dikonfigurasikan dengan cepat sesuai kebutuhan khusus yang diperlukan. Sebagai contoh, ia menjelaskan bahwa modul intervensi medis yang disebutnya sebagai Rapidly Deployable Maritime Containers (RDMC) telah di uji cobakan pada bulan Juli lalu.

”Kami juga sedang berencana untuk menempatkan wahana unmanned aerial vehicles (UAVs) melalui dek misi tempur” ujarnya pada media IHS Jane diatas dek misi tempur kapal berukuran panjang 25 meter dan lebar 12,8 meter itu. “Kami dapat menaruh hingga empat unit kontainer peti kemas ukuran dua puluh kaki pada bagian buritan dengan masih menyisakan tempat berukuran sekitar sepuluh kali sepuluh meter untuk operasional UAV” lanjutnya lagi.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

ATGM 2

Ukraina Tampilkan Skif ATGM, Rudal Anti Tank Jarak Jauh

0
HobbyMiliter.com – Ukraina Tampilkan Skif ATGM, Rudal Anti Tank Jarak Jauh. Telah beredar berita tumbangnya MBT (Main Battle Tank) Leopard 2A4 milik Turki gara-gara...

Recent Comments