Friday, April 26, 2024
HomeBlog MiliterRusia Terkejut Dengan Kehadiran Pasukan AS di Perbatasan Norwegia dan Negaranya

Rusia Terkejut Dengan Kehadiran Pasukan AS di Perbatasan Norwegia dan Negaranya

Hobbymiliter.com – Rusia mengatakan pihaknya terkejut dengan keberadaan pasukan Amerika Serikat yang ditempatkan di wilayah utara Norwegia. Kehadiran tentara AS disebut-sebut bernada kontroversial dan mendadak.

“Setelah mencatat beberapa pernyataan yang dikeluarkan oleh pejabat Norwegia mengenai potensi ancaman dari Rusia terhadap Norwegia, kami ingin memahami mengapa Norwegia sangat berniat untuk meningkatkan kekuatan militernya, terutama dengan cara-cara semacam menempatkan tentara AS di Vaernes,” ujar jurubicara Kedutaan Besar Rusia di Oslo, Maxime Gourov dalam sebuah surat elektronik kepada kantor berita AFP Prancis.

BACA JUGA :  Stryker M-SHORAD Memulai Debut Di Eropa

Sebagai informasi, Vaernes terletak sekitar 1000 kilometer dari perbatasan utara Norwegia dan Rusia di Laut Arktik.

Pada 10 Oktober 2016, Kementerian Pertahanan Norwegia mengatakan angkatan bersenjatanya bersama Amerika Serikat sedang mengadakan diskusi mengenai persiapan penempatan tentara di pangkalan negaranya. Norwegia juga meminta bantuan “pelatihan dan penyimpanan logistik tambahan” dari AS.

“(Penempatan) tersebut bisa saja akan rutin digelar secara bergantian, (namun) sejauh ini belum ada diskusi mengenai penempatan pasukan secara permanen,” ujar jurubicara Kemenhan Norwegia, Ann Kristin Salbuvik kepada AFP.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

2 COMMENTS

  1. Semoga Norwegia segera sadar dengan provokasi dari as……. yg tujuannya untuk memperdagangkan alusitas keluaran negara……

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Israel Mulai Gunakan Torpedo Jenis Baru Kaved

Israel Mulai Gunakan Torpedo Jenis Baru Kaved

0
Israel Mulai Gunakan Torpedo Jenis Baru Kaved - HobbyMiliter.com - Angkatan Laut Israel dikabarkan mulai menggunakan torpedo jenis baru yang dinamai "Kaved" (Yang berarti...

Recent Comments