Thursday, March 28, 2024
HomeSpesifikasi Helikopter Black Hawk

Spesifikasi Helikopter Black Hawk

HobbyMiliter.com – Artikel kali ini akan membahas tentang Spesifikasi Helikopter Tempur Black Hawk. TNI AD dikabarkan berminat untuk meng-akuisisi helikopter ini untuk digunakan oleh satuan Penerbangan Angkatan Darat atau Penerbad.

Sejarah Singkat Pengembangan

Pada tahun 1972 diadakan program Utility Tactical Transport Aircraft System oleh Angkatan Darat Amerika Serikat. Program ini diadakan untuk mecari helikopter angkut taktis yang akan menggantikan peranan helikopter angkut taktis UH-1 Iroquois besutan Bell. Program ini dimenangkan oleh perusahaan Sikorsky Aircraft yang mengusung prototype S-70. Oleh Angkatan Darat Amerika Serikat, prototype ini kemudian diberi nama YUH-60A. Berkompetisi dengan prototype Boeing Vertol YUH-61, YUH-60A dipilih sebagai pemenang pada tahun 1976. Dinamai dengan mengambil nama Panglima Perang suku Indian, Black Hawk memasuki masa tugas di Angkatan Darat Amerika Serikat pada 1979. Sampai saat ini, Black Hawk telah dikembangkan kedalam beberapa varian. Termasuk diantaranya varian untuk operasional Angkatan Laut, Sea Hawk ; dan varian untuk operasional Angkatan Udara, Pave Hawk.

BACA JUGA :  MARINIR INDONESIA – AMERIKA KEJAR MUSUH DI HUTAN SELOGIRI

Sampai saat ini tercatat lebih dari 2.000 unit helikopter Black Hawk dalam berbagai varian dioperasikan oleh Angkatan Bersenjata Amerika Serikat. Sedangkan untuk pasar ekspor, sebanyak 600 unit telah diproduksi dan di ekspor ke berbagai negara.

Spesifikasi Teknis

Black Hawk didesain sebagai helikopter taktis multi peran yang dapat melakukan berbagai misi dalam berbagai keadaan cuaca, siang maupun malam. Helikopter ini ditenagai dengan mesin General Electric T700-GE-701D (pada varian Black Hawk terbaru) yang cukup kuat dan handal untuk digunakan dalam berbagai misi yang diembankan. Black hawk dapat mengangkut 11 orang pasukan dengan persenjataan lengkap. Helikopter ini juga dapat mengangkut beban logistik seberat 1,2 ton (1.200 kilogram, red) pada bagian dalam helikopter. Sedangkan untuk kemampuan mengangkut dengan menggunakan sling, Black hawk dapat mengangkut beban hingga 4.100 kilogram.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

J-20 PLAAF Mulai Intensifkan Patroli Di Laut China Selatan

J-20 PLAAF Mulai Intensifkan Patroli Di Laut China Selatan

0
J-20 PLAAF Mulai Intensifkan Patroli Di Laut China Selatan - Hobbymiliter.com – Pesawat jet tempur siluman generasi ke-5 milik Angkatan Udara Republik Rakyat China...

Recent Comments