Friday, April 19, 2024
HomeBattle of Surabaya Alias Pertempuran 10 November, Asal Usul Hari Pahlawan

Battle of Surabaya Alias Pertempuran 10 November, Asal Usul Hari Pahlawan

HobbyMiliter.com – Pertempuran 10 November, ya, siapa yang tidak kenal dengan peristiwa bersejarah ini? Pertempuran yang juga disebut sebagai Battle of Surabaya ini merupakan pertempuran terbesar yang terjadi dalam sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sedang mempertahankan kemerdekaannya kala itu. Pertempuran ini merupakan pertempuran pertama antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Artikel ini akan secara singkat membahas tentang kronologi terjadinya pertempuran 10 November dan bagaimana jalannya pertempuran hingga apa dampak yang dapat dipelajari oleh kedua belah pihak yang bertempur pada masa itu.

BACA JUGA :  PINDAD Tandatangani MoU Kerjasama Industri Pertahanan Dengan UEA, Rusia, Turki, Finlandia

Kronologi Awal Pertempuran 10 November

Pasca kekalahan Jepang dalam Perang Dunia 2, Indonesia mengalami keadaan Status ‘Quo’, yakni status bagi daerah koloni yang ditinggalkan penjajahnya dan tidak diduduki oleh pihak lainnya. Hingga tanggal 17 Agustus 1945, terjadilah peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Selepas dua kejadian besar ini, bangsa Indonesia berniat untuk mempertahankan diri serta mencari pengakuan di kancah internasional. Tentu, selain pengakuan internasional, perlu juga dibangun suatu kekuatan yang terorganisir untuk mempertahankan diri dari serangan negara asing yang ingin kembali menguasai dan menjajah Indonesia. Berangkat dari ide tersebut, rakyat Indonesia kemudian bergegas melucuti semua senjata yang dimiliki oleh tentara pendudukan Jepang di Indonesia, serta mencari dan mengumpulkan senjata sisa-sisa pasukan Sekutu yang juga dirampas oleh pihak Jepang.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Monkey Kit, Peralatan Fast-Roping Modern.

Monkey Kit, Peralatan Fast-Roping Modern

0
HobbyMiliter.com - Fast-roping (Fast Rope Insertion Extraction System) adalah teknik untuk turun dengan menggunakan tali dari helikopter dalam situasi dimana helikopter tidak mampu atau...

Recent Comments