Friday, April 19, 2024
HomeSpesifikasi Teknis Radar 3D Vostok Buatan Belarusia

Spesifikasi Teknis Radar 3D Vostok Buatan Belarusia

HobbyMiliter.com – Radar merupakan salah satu elemen penting dalam penjagaan terhadap suatu wilayah negara. Dalam masa damai, radar dapat digunakan untuk mengawasi ruang udara dari suatu negara dari kemungkinan terjadinya pelanggaran batas wilayah kedaulatan oleh oknum – oknum tertentu. Sedangkan dalam masa perang, radar berguna sebagai “mata” untuk mengawasi pergerakan elemen kekuatan udara musuh jauh sebelum musuh mencapai wilayah negara tersebut. Artikel ini akan membahas secara singkat tentang spesifikasi teknis kompleks radar 3 dimensi Vostok.

Radar Vostok 3D

Kompleks radar 3 dimensi Vostok merupakan kompleks radar yang dibangun oleh biro desain radar JSC KB Radar. Perusahaan asal Belarusia ini mengembangkan kompleks radar 3 dimensi Vostok sebagai salah satu produk utama mereka. Kompleks radar 3 dimensi Vostok terbagi dalam dua varian, yakni Vostok 3D – 360 dan Vostok 3D – 600. Kompleks radar ini didesain untuk melakukan deteksi terhadap target seperti pesawat tempur, pesawat pembom, pesawat tanpa awak (drone) dan atau helikopter. Kompleks radar ini nantinya juga akan mengukur jarak, azimuth, serta ketinggian target untuk kemudian diteruskan sebagai informasi bagi elemen yang akan menghalau datangnya target tersebut.

BACA JUGA :  Indo Defence 2016 : Rheinmetall Tampilkan Marder Medium Tank RI

Selain melacak serta mengukur berbagai data penting yang dimiliki target, kompleks radar ini juga dapat mengklasifikasikan jenis target yang sudah dideteksinya. Kompleks radar ini diklaim memiliki performa yang jauh lebih baik daripada beberapa radar lain yang sejenis. Kompleks radar ini terdiri dari kendaraan Antenna Equipment Vehicle dengan unit tenaga listrik mandiri yang membuatnya dapat beroperasi tanpa harus mengandalkan bantuan unit Power Supply ; serta unit RAWS atau Remote Automated Workstation.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini

0
Mikoyan Gurevich MiG-31 Foxhound, Pesawat Tempur Rusia Tercepat Saat Ini - HobbyMiliter.com - Pada pertengahan era 70-an semakin nyata bagi Soviet bahwa pesawat tempur...

Recent Comments