Saturday, April 20, 2024
HomeRahasia Mengapa Militan ISIS Mampu Hancurkan Tank Leopard 2 Milik Turki di...

Rahasia Mengapa Militan ISIS Mampu Hancurkan Tank Leopard 2 Milik Turki di Suriah

Hobbymiliter.com – Perang Afghanistan, Kosovo, dan di berbagai belahan dunia lainnya telah membuat nama tank Leopard 2 buatan Jerman berkibar-kibar. Pernah suatu kali, pasukan Kanada mendorong tank Leopard melewati ledakan bom massal Taliban. Upaya mereka berhasil, karena tank tersebut lolos dengan selamat.

Namun, situasi berbeda dialami oleh prajurit Turki yang berperang melawan Daesh (ISIS) di Suriah utara. Menurut banyak laporan media, militan ISIS yang bermarkas di kota Al Bab telah menghancurkan 10 unit tank tempur Leopard 2 A4.

BACA JUGA :  Pertahanan Udara LY-80 Andalan Pakistan dan Cina

Karena penasaran, beberapa blogger Jerman yang mencari jawaban atas “keanehan” tersebut menduga bahwa buruknya kinerja tank Leopard di Suriah diakibatkan oleh kurangnya pengalaman kepemimpinan tentara Turki.

Akan tetapi, salah satu surat kabar Jerman, Die Welt, memiliki hipotesis lain. Dasar masalahnya adalah, tank tersebut dianggap tidak cocok dengan situasi perang perkotaan yang lazim berlangsung di Suriah.

“Konsep dasar Leopard 2 didasarkan pada masa-masa ketika musuh diperkirakan akan menyerang dari arah depan. Konsep ini kemudian diterapkan dalam model tank-tank besar secara internasional. Bahkan untuk tank modern sekaliber T-14 Armata Rusia,” tulis Die Welt.

BACA JUGA :  Belgia Dan Estonia Resmikan Gudang Munisi MAWI Pertama Untuk NATO

“Kendaraan lacak bertonase berat umumnya dirancang untuk pertempuran duel (saling berhadap-hadapan) sehingga dilengkapi dengan perlindungan maksimum dibagian depan, serta perlindungan kecil     di sudut sisinya. Sebagai contoh, ambillah rudal anti-tank Kornet buatan Rusia yang mampu menembus perlindungan lapis baja setebal 1,2 meter. Jadi, area badan tank yang kurang terlindungi akan semakin rentan.”

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

MARINIR AMERIKA SENANG BISA BERLATIH DENGAN MARINIR INDONESIA

1
MARINIR AMERIKA SENANG BISA BERLATIH DENGAN MARINIR INDONESIA - HobbyMiliter.com - Dispen Kormar (Banyuwangi).  Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir Letkol Marinir Arip Supriyadi, S.H.,...

Recent Comments