Wednesday, April 24, 2024
HomeBangkitkan Warisan Soviet, Rusia Bangun Ulang Pangkalan Maritim di Suriah

Bangkitkan Warisan Soviet, Rusia Bangun Ulang Pangkalan Maritim di Suriah

Hobbymiliter.com – Pada 20 Januari pekan lalu, Moskow dan Damaskus resmi menandatangani ulang perjanjian untuk memodernisasi fasilitas bandar dan perbaikan kapal di Pelabuhan Tartus di Suriah. Setelah berakhirnya perjanjian ini, perpanjangan selama 25 tahun akan otomatis berjalan kecuali salah satu pihak menginginkan perubahan dan memberitahukan yang lain dalam tempo satu tahun sebelumnya.

Fasilitas perbaikan kapal Tartus sejatinya telah dibangun oleh pemerintah Soviet pada 1977. Hingga saat ini, fasilitas tersebut merupakan satu-satunya yang dimiliki Rusia di Laut Mediterania.

BACA JUGA :  Video : Rusia Tampilkan MLRS Baru Uragan-1M Dalam Latihan

Banyak pihak mengatakan bahwa Moskow secara etis berhak untuk menjalankan pangkalan Tartus sebagai bentuk balas budi atas bantuan yang sudah mereka berikan kepada pemerintah Suriah dalam melawan pemberontak dan kelompok-kelompok teroris.

Sampai saat ini, fasilitas pelabuhan Tartus hanya menyediakan ponton apung untuk memperbaiki kapal yang belum disempurnakan. Berdasarkan isi perjanjian yang baru, Rusia akan membangun fasilitas lengkap disana dan berhak untuk menempatkan 11 unit kapal di area tersebut.

“Kami akan memulai konstruksi infrastruktur militer besar-besaran, seperti dermaga, barak, markas utama, gudang amunisi, dan lain sebagainya,” ujar Kolonel (Purn) Mikhail Khodorenok, seorang pengamat militer dan kolumnis di situs berita Gazeta.ru.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

41-india-kirim-rudal-jelajah-brahmos-ke-perbatasan-tiongkok

India Setujui Pengiriman Rudal Jelajah BrahMos Ke Perbatasan Tiongkok

0
Hobbymiliter.com - Media lokal di India melaporkan bahwa pemerintah India secara resmi telah menyetujui pengiriman rudal BrahMos ke perbatasan timur laut India dengan Tiongkok....

Recent Comments