MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa

0
360
MiG 21 Jet Tempur Sepanjang Masa 11
MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa. Chengdu J-7 Merupakan Varian MiG-21 Yang Diproduksi Secara Lisensi Oleh China.
Sumber : airwar

Chengdu J-7 / F-7

Chengdu J-7 / F-7 merupakan varian MiG-21F-13 yang diproduksi oleh China secara lisensi produksi. China memasarkan F-7 sebagai varian ekspor dimana J-7 digunakan khusus untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri Angkatan Bersenjata China. Tercatat sebanyak 2.400 unit pesawat telah diproduksi China untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan ekspor ke berbagai negara. Produksi J-7 / F-7 berlangsung mulai tahun 1966 hingga 2013.

MiG-21PF

MiG-21PF sejatinya adalah pengembangan dari MiG-21P-13. PF sendiri merupakan singkatan dalam Bahasa Rusia yang berarti P = “Perekvatchik” atau interseptor, dan F = “Forsirovannyy” atau peningkatan. Fitur utama pada varian ini adalah kemampuan untuk bertempur di segala cuaca atau all-weather interceptor. Kelebihan lain dari varian ini adalah kemampuan untuk membawa dan meluncurkan rudal udara-ke-udara jarak pendek K-5 alias AA-1 “Alkali” disamping kemampuan membawa dan meluncurkan rudal K-13 “Atoll”.

MiG-21M dan MiG-21FL

MiG-21M dan MiG-21FL merupakan varian jet tempur MiG-21 yang diproduksi secara lisensi produksi oleh Hindustan Aeronautics Limited atau disingkat HAL, yang merupakan perusahaan industri pertahanan asal India. Tercatat sebanyak 657 unit pesawat berhasil dibangun oleh India sebagai bagian dari perjanjian kerjasama transfer teknologi antara pemerintah India dengan pemerintah Rusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here