MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa

0
359
MiG 21 Jet Tempur Sepanjang Masa 3
MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa. Sebuah MiG-21F-13 Milik AURI. Indonesia Membeli 22 Unit MiG-21 Dari Uni Soviet Pada Masa Operasi Trikora.
Sumber : sejarahperang

MiG-21 Di Indonesia

Angkatan Udara Republik Indonesia membeli sebanyak 22 pesawat MiG-21 dari Uni Soviet. 22 Unit pesawat tersebut terbagi kedalam rincian 20 unit MiG-21F-13 dan 2 unit MiG-21U-400. Rencananya, Indonesia akan menggunakan pesawat jet tempur ini sebagai kekuatan utama untuk menghadapi penempur Belanda dalam operasi Trikora saat Indonesia berupaya merebut Papua Barat dari tangan Belanda. MiG-21 ini disiagakan bersama dengan kekuatan MiG-17 dan MiG-19 AURI yang sudah lebih dahulu datang dan dikerahkan dalam operasi Trikora tersebut.

Sayangnya, konflik Trikora berujung pada penyerahan kedaulatan atas Papua Barat kepada Indonesia. Armada militer Belanda yang kala itu sudah bercokol di Papua lengkap dengan kapal induk Karel Doorman, ditarik pulang ke negerinya nun jauh disana. MiG-21 tidak jadi berperang, dan kembali bertugas mengawal NKRI pada konflik Dwikora, Konfrontasi Militer Indonesia dengan Malaysia yang akhirnya hanya berbuah kontak tembak dan penyusupan sukarelawan di perbatasan Kalimantan Utara dengan Sabah dan Serawak.

Kiprah MiG-21 yang begitu singkat selama berdinas di AURI diperparah dengan terjadinya G-30S PKI dimana sentiment anti-komunis akhirnya menguat dan memaksa Uni Soviet memberlakukan embargo militer dan penghentian supplai suku cadang bagi Alutsista yang tadinya sudah dibeli Indonesia. Dihentikannya pasokan suku cadang ditambah dengan ditariknya orang – orang Soviet (teknisi ahli yang tadinya membantu Indonesia mengoperasikan dan merawat Alutsista canggih buatan Uni Soviet yang dibeli dan atau dihibahkan ke Indonesia,red) kembali ke negara asalnya praktis melumpuhkan unsur-unsur kekuatan AURI, termasuk Skuadron MiG-21F-13 dan MiG-21U-400 yang dimiliki Indonesia.

Akhir kisah sang penempur sepanjang masa di Indonesia justru menyakitkan bagi sebagian orang. Sebanyak 13 unit MiG-21F-13 dan 1 unit MiG-21U-400 diserahkan kepada Amerika Serikat dan ditukar dengan pesawat jet latih T-33, dan helikopter UH-34D yang kesemuanya merupakan buatan Amerika Serikat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here