MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa

0
441
MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa
MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa. MiG-21 Milik Angkatan Udara India. India Berencana Untuk Mempensiunkan Armada MiG-21 Terakhir Yang Dimilikinya.
Sumber : wikipedia

MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa

MiG-21 oleh penulis disebut sebagai pesawat jet tempur sepanjang masa karena telah berhasil membuktikan kehandalannya bertahan untuk tetap berdinas di berbagai Angkatan Udara di berbagai negara, serta melewati berbagai masa konflik bahkan turut terlibat didalamnya. Tak diragukan lagi, MiG-21 telah berhasil menunjukkan eksistensinya sebagai sebuah pesawat tempur yang tidak lekang termakan zaman.

Beberapa negara masih aktif menggunakan pesawat tempur ini, diantaranya yakni :

Angola

Azerbaijan

Kroasia

Kuba

Mesir

India

Libya

Mali

Mozambik

Korea Utara

Serbia

Sudan

Suriah

Uganda

Yaman

Zambia

China (J-7/F-7)

Pakistan (J-7/F-7)

Bangladesh (J-7/F-7)

Nigeria (J-7/F-7)

*Note : Apabila ada kesalahan dalam data, mohon pembaca yang mengetahui data yang lebih up-to date untuk menghubungi penulis dengan menuliskan komentar di kolom komentar.

Tidak banyak pesawat militer yang dapat mencapai usia pakai hingga 50 tahun. Namun, MiG-21 adalah satu-satunya pesawat jet tempur yang mampu mencapai usia pakai hingga 60 tahun. Mulai terbang pada tahun 1959, hingga per tahun 2019 masih ada negara yang aktif menggunakan pesawat tempur ini, tak dapat dipungkiri, MiG-21 sukses menjadi sang Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here