Tuesday, March 26, 2024
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Kerajaan Islam Pertama Di Indonesia: Kerajaan Perlak

Sejarah Kerajaan Islam Pertama Di Indonesia: Kerajaan Perlak

Asal muasal nama Perlak adalah dari nama Kayu Perlak atau Peureulak yang merupakan kayu khas daerah tersebut. Saat perdagangan makin marak di Selat Malaka, para pedagang menyebut Negeri Perlak sebagai Bandar Perlak.

Sebelum Kerajaan Perlak berdiri, di wilayah tersebut sudah ada kerajaan bercorak Hindu-Buddha dengan raja yang berkuasa bergelar Meurah yang berarti Maharaja. Kerajaan tersebut semakin pesat serta berkembang saat di bawah pimpinan Pangeran Salman yang berdarah Kisra Persia. Putri Pangeran Salman menikah dengan pendakwah dari Arab yang bernama Ali ibn Muhammad Ja’far Shiddiq, seorang Muslim Syiah yang melakukan pemberontakan pada khalifah al-Makmun dan dihukum berdakwah keluar dari Arab.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

1-robot-tempur-bergabung-dengan-militer-rusia-2016

2016, Robot Tempur Bergabung Dalam Militer Rusia

0
Hobbymiliter.com - Rusia akan meluncurkan beragam awak robot inovatif untuk mengoptimalkan kinerja angkatan bersenjatanya pada tahun 2016 ini. "Sistem robot lanjutan generasi terbaru ini yang dirancang...

Recent Comments