Wednesday, March 27, 2024
HomeBlog Militer6 Bukti Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia

6 Bukti Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia

6 Bukti Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia – HobbyMiliter.com – Peran Indonesia dalam perdamaian dunia sudah terbukti bahkan sejak kemerdekaan tahun 1945. Komitmen Indonesia dalam menerapkan Pembukaan undang-undang Dasar 1945 alinea keempat seakan terbukti lewat beberapa aksinya.

Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia

Ada beberapa peran Indonesia dalam perdamaian dunia yang diperlihatkan sejak dulu. Berikut beberapa diantaranya.

Indonesia Sebagai Pencetus Konferensi Asia Afrika 1955

Salah satu bukti peran Indonesia dalam perdamaian dunia adalah Indonesia termasuk dalam salah satu pelopor pencetus Konferensi Asia Afrika 1955 yang memiliki tujuan menghimpun persatuan negara-negara Asia-Afrika yang baru memperoleh kemerdekaan, mempromosikan serta meningkatkan kerjasama antar negara, termasuk juga di dalamnya menentang berbagai bentuk penjajahan.

BACA JUGA :  AS Persiapkan Roket Truk HIMARS Untuk Operasi Perebutan Mosul dan Raqqa

Sebelum KAA diadakan, lima negara pelopor tercetusnya KAA melakukan dua kali pertemuan sebagai berikut:

  • Pertemuan pertama berlangsung pada tanggal 28 April hingga 2 Mei 1952 di Kolombo, Indonesia diwakili oleh Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo, mengusulkan diadakannya Konferensi Asia-Afrika. Sementara keempat pelopor lainnya adalah Jawaharlal Nehru dari India, Mohammad Ali Bogra dari Pakistan, Sir John Kotelawala dari Sri Lanka, dan U Nu dari Burma.
  • Pertemuan kedua kelima perwakilan negara berlangsung di Istana Bogor pada tanggal 29 Desember 1952 dengan bahasan pematangan konsep KAA, tujuan persidangan, serta negara mana saja yang bakal diundang.

Konferensi Asia-Afrika sendiri dilaksanakan tanggal 18 hingga 25 April 1955 di Bandung, Indonesia dan menghasilkan prinsip utama GNB atau Gerakan Non Blok yaitu Dasa Sila Bandung.

BACA JUGA :  Sejarah Peristiwa Perang Ambarawa

Indonesia Mengirimkan Kontingen Garuda Atau KONGA

Bentuk peran Indonesia dalam perdamaian dunia lainnya adalah dengan menyetujui berpartisipasi dan menyumbangkan pasukan pada komando PBB yaitu United Nations Emergency Forces atau UNEF yang merupakan pasukan khusus PBB yang dibentuk tanggal 5 November 1956 demi memelihara perdamaian di Timur Tengah.

Partisipasi Indonesia ditunjukkan dengan pembentukan pasukan Indonesia pada tanggal 28 Desember 1956 yang disebut Pasukan Garuda yang kemudian dikirim ke Timur Tengah bulan Januari 1957.

Hingga kini Pasukan Garuda masih aktif berperan serta dalam menjaga perdamaian dunia, berikut beberapa peran serta Pasukan Garuda selama ini:

  • Pasukan Garuda atau Kontingen Garuda II dan III dikirimkan dengan tujuan menjaga perdamaian di Kongo.
  • Pasukan Garuda IV, V, dan VII dikirim buat menjaga stabilitas Indocina akibat Perang Vietnam.
  • Pasukan Garuda VI dan VII dikirim ke Timur Tengah.
  • Pasukan Garuda IX dikirim ke Perbatasan Irak dan Kuwait.
  • Pasukan Garuda XII dikirim ke Kamboja.
  • Pasukan Garuda XIII dikirim ke Somalia.
  • Pasukan Garuda XIV dikirim ke Bosnia-Herzegovina.
BACA JUGA :  Cakra Baskara, Sistahanud jarak pendek Soviet

Indonesia Merupakan Pelopor Gerakan Non Blok

Perang Dingin antara Blok Barat dan Blok Timur mengakibatkan negara-negara kawasan Asia, Afrika, dan Amerika Latin yang baru merdeka jadi target perebutan pertarungan pengaruh hingga banyak konflik seperti Perang Korea dan Perang Vietnam terjadi.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

brahmos 1

Brahmos ALCM, Tanda Kemajuan Rudal Jelajah India

0
HobbyMiliter.com – Brahmos ALCM, Tanda Kemajuan Rudal Jelajah India. Bersamaan dengan rencana pembaharuan alutsista, kapal frigat Van Speijk Class yang telah uzur, yang secara...

Recent Comments