Wednesday, March 27, 2024
HomeBlog MiliterReferensiNilai-nilai Pancasila Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Nilai-nilai Pancasila Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Nilai-nilai Pancasila Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan – HobbyMiliter.com – Pembaca sudah tahu belum nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan? Nilai-nilai tersebut pasti pernah pembaca pelajari saat sekolah dulu bukan? Nah, kamu masih ingat tidak? Berikut beberapa nilai tersebut biar kamu bisa mengingatnya lagi.

Nilai-nilai Pancasila Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Sebelum membahas detail nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan, maka perlu tahu tiga nilai utama kelima sila Pancasila yang merupakan landasan hidup bangsa Indonesia, yaitu:

  • Nilai Spiritual

Nilai spiritual Pancasila tercantum di sila pertama yang mengandung makna bahwa Pancasila mengandung nilai ketakwaan serta keimanan terhadap Tuhan YME. Nilai ini begitu penting hingga menjadi landasan seluruh nilai dari falsafah negara. Implementasi dari nilai sila pertama Pancasila ini terlihat dari berbagai bentuk kewajiban serta larangan yang mesti dipatuhi masing-masing pemeluk agama serta kepercayaan terhadap Tuhan YME.

  • Nilai Kultural
BACA JUGA :  Implementasi Nilai Dasar Pancasila Dalam Hidup Bermasyarakat

Makna nilai kultural dari Pancasila adalah bahwa Pancasila merupakan pandangan hidup bernegara, landasan falsafah negara, serta dasar negara yang terbentuk dari kebudayaan beserta nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya. Nilai kultural ini mencantumkan bahwa bangsa Indonesia sejak dulu merupakan bangsa saling tolong menolong, beradab, selalu gotong royong di semua bidang, serta menerapkan musyawarah buat mufakat.

  • Nilai Institusional

Makna nilai institusional Pancasila adalah bahwa Pancasila merupakan landasan utama buat mencapai ide atau gagasan, cita-cita serta tujuan bernegara. Cita-cita dan tujuan negara Indonesia sendiri tercantum di alinea 4 Pembukaan undang-undang Dasar 1945, yaitu:

  • Memajukan kesejahteraan umum.
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Melindungi segenap bangsa Indonesia beserta seluruh tumpah darah Indonesia.
  • Ikut serta dalam menjaga serta mempertahankan ketertiban dunia.
BACA JUGA :  Radar TRS Ground Master 400 Radar Pertahanan 3D

Cita-cita serta tujuan bernegara di atas secara institusional bisa tercapai dengan persatuan dan kesatuan Indonesia, ditambah nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, dengan ciri khas kerja keras serta semangat membangun.

Nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan mesti ada di tiap perumusan kebijakan serta implementasinya, yang mengandung arti dalam penyelenggaraan pemerintahan mesti selalu mengandung nilai spiritual dengan anggapan Tuhan YME selalu hadir dan mengawasi., serta menghindari segala praktek menyimpang dan diskriminatif. Sama halnya dengan nilai kultural serta institusional dari Pancasila, mesti terkandung di dalamnya.

BACA JUGA :  Mengenal Ibu Kota Brunei Darussalam

Nilai Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa

Dalam berbagai penyelenggaraan pemerintahan serta semua orang terlibat di dalamnya mesti meyakini dan juga mengimani Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Drone Watchkeeper WK450

Watchkeeper WK450 Drone yang Battle Proven di Afghanistan

0
Watchkeeper WK450, Drone yang Battle Proven di Afghanistan - HobbyMiliter.com – Di bidang kelengkapan alutsista, Indonesia memiliki drone berkemampuan MALE (Medium Altitude Long Endurance)...

Recent Comments