Friday, April 19, 2024
HomeMiliterAlutsistaMengenal X-36, Pesawat Tempur Tanpa Awak Experimental NASA

Mengenal X-36, Pesawat Tempur Tanpa Awak Experimental NASA

Pesawat tempur tanpa awak X-36 adalah proyek technology demonstrator. Technology demonstrator adalah prototype pesawat yang dibuat untuk mempelajari teknologi tertentu dan memang tidak pernah dimaksudkan untuk dibuat secara massal. X-36 sendiri hanya dibuat sebanyak 2 unit. Kedua unit technology demonstrator sendiri dibuat lebih kecil dari pada pesawat tempur ukuran normal. Ukurannya hanya 28% saja dari ukuran normal.

Ukuran dimensi X-36 hanya 28% dari ukuran normal
Ukuran dimensi X-36 hanya 28% dari ukuran normal

Dalam melakukan manuver jungkir balik khas pesawat tempur yang sedang melakukan dogfight, X-36 mengandalkan dua macam teknologi yang diujicoba padanya. Pertama adalah teknologi “split ailerons” dan yang kedua adalah teknologi mesin dengan thrust-vectoring nozzle.

BACA JUGA :  Shenyang J-11, Copy Tidak Resmi Su-27SK Flanker dari China

Untuk menambah kelincahan dan kestabilan penerbangan, NASA mendisain X-36 dengan canard. Menurut NASA, karakter terbang X-36 yang tidak stabil karena tidak adanya ekor pesawat, diatasi dengan baik oleh sistem kontrol otomatis dalam perangkat Fly-by-Wire nya yang secara otomatis menyesuaikan kondisi pesawat.

tumblr_nehaebDvcI1ttka3go6_1280
Tanpa ekor tegak

NASA memulai desain X-36 di tahun 1993. Pembuatan unit pesawatnya dimulai di pertengahan era 90-an. Kontraktor yang memenangkan kontrak pembuatan pesawat tempur tanpa awak ini adalah Boeing.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Menhan Perancis tampilkan konsep frigate FTI

Perancis Tampilkan Model Desain Frgate Multi-peran FTI Di Euronaval 2016

0
HobbyMiliter.com - Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian memperkenalkan model skala dari desain kapal perang kelas Frigate multi-peran terbaru yang diberi nama FTI (Frégate de...

Recent Comments