Tuesday, March 26, 2024
HomeAlutsistaHelikopterMengenal Mi-28 UB, Helikopter Tempur Latih AU Russia

Mengenal Mi-28 UB, Helikopter Tempur Latih AU Russia

HobbyMiliter.com – Mengenal Mi-28 UB, Helikopter Tempur Latih AU Russia. Mendengar kata ‘Mi’ dalam jagad antusias militer, tentu perhatian kita akan tertuju pada deretan helikopter yang dibuat oleh perusahaan produsen helikopter Mil Moscow Helicopter Plant asal Russia. Yup, anda tidak salah lagi. Kali ini HobbyMiliter akan menghadirkan kepada anda seklumit kisah tentang salah satu produk helikopter dari perusahaan tersebut, Mil Mi-28 UB.

Sejarah Singkat Mi-28 UB

Mi-28 UB sejatinya merupakan salah satu varian dari keluarga helikopter tempur Mil Mi-28. Mil Mi-28 sendiri jika dirunut sejarahnya merupakan jenis helikopter serang darat anti tank yang dibangun oleh industri helikopter Mil Moscow Helicopter Plant. Mil Mi-28 pada era pengembangannya bersaing ketat dengan kompetitornya yakni Kamov Ka-50.

Sejarah lahirnya Mil Mi-28 dimulai ketika Uni Soviet pada tahun 1980 an mulai mengembangkan konsep helikopter tempur yang lebih dikhususkan untuk misi serang darat anti tank dan kendaraan lapis baja lainnya. Berbeda dengan Mil Mi-24 yang telah berdinas di militer Uni Soviet, Mil Mi-28 dapat dikatakan nyaris tidak dibekali kemampuan untuk membawa personel dan cenderung didesain untuk secara spesifik melakukan pertempuran melawan unit-unit kendaraan lapis baja milik lawan.

Pada tanggal 10 November 1982, unit prototip pertama dari helikopter tempur Mil Mi-28 berhasil melaksanakan penerbangan perdana. Unit prototip kedua kemudian juga menyusul berhasil dibangun pada tahun 1983. Pada tahun 1984, Mil Mi-28 telah berhasil melalui tahap awal pengujian oleh calon penggunanya, dalam hal ini, Angkatan Udara Uni Soviet. Sayangnya, pada bulan Oktober 1984 AU Uni Soviet kemudian memilih Kamov Ka-50 untuk digunakan sebagai helikopter tempur anti tank standar AU Uni Soviet.

BACA JUGA :  Resmi, Indonesia Terima Helikopter Apache Dari AS
Mengenal Mi-28 UB, Helikopter Tempur Latih AU Russia
Mengenal Mi-28 UB, Helikopter Tempur Latih AU Russia. Sebuah Mi-28 UB Yang Tampak Belum Dipasangi Perangkat Radar (Belum Ada Kubah Radar Diatas Rotor Utama).
Sumber : airforce technology

Pengembangan Mi-28 tidak terhenti akibat dipilihnya helikopter buatan Kamov, namun demikian, prioritas dan anggaran yang diberikan tidak sebanyak pada tahap awal pengembangan. Pada tahun 1987 barulah produksi massal tahap awal bagi helikopter Mi-28 mulai dilakukan.

Meski demikian, Uni Soviet pada akhirnya cenderung memberi prioritas produksi kepada Kamov untuk membangun lebih banyak unit Kamov Ka-50. Ini dikarenakan varian awal prototip Mi-28 dan Mi-28A tidak dapat melakukan misi dalam kondisi cuaca yang buruk. Istilahnya, helikopter ini belum all-weather capable.

Kembali tertinggal oleh Kamov, Mil pun kembali melakukan penelitian dan pengembangan untuk helikopter tempur Mi-28 ini. Pengembangan ini kemudian memunculkan helikopter tempur Mil Mi-28 N yang tampil perdana pada tahun 1995. Unit prototip pertama dari Mi-28 N berhasil melaksanakan penerbangan perdana pada tanggal 14 November 1996.

Abjad N dalam nama Mi-28 N berarti Night atau malam dalam bahasa Inggris. Mil Mi-28 N mampu menjawab tuntutan kebutuhan helikopter tempur modern yang dapat beroperasi di segala cuaca, memiliki kemampuan navigasi yang baik, sistem pembidik senjata yang modern, dan daya gempur yang cukup besar untuk ukuran sebuah helikopter tempur.

BACA JUGA :  Menjelang Indodefence 2016, 2-5 November 2016 di Jakarta

Dengan hadirnya Mi-28 N, pemerintah Russia pada tahun 2003 memutuskan untuk mengakuisisi dua jenis helikopter yakni Mil Mi-28 N dan Kamov Ka-50 sebagai helikopter serang darat standar AU Russia. Nah, Mil Mi-28 N inilah yang kemudian menjadi basis pengembangan Mil Mi-28 UB, yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Jika Mil Mi-28 N adalah varian murni helikopter serang darat yang hanya digunakan untuk misi tempur, maka Mil Mi-28 UB adalah varian helikopter tempur latihnya. Abjad UB dalam penamaan Mil Mi-28 UB merupakan kependekan dari “U?ebno-Bojevoj yang berarti Latih dan Tempur dalam bahasa Russia.

Mengenal Mi-28 UB, Helikopter Tempur Latih AU Russia
Mengenal Mi-28 UB, Helikopter Tempur Latih AU Russia. Sebuah Mi-28 UB Saat Sedang Dalam Penerbangan. Perhatikan Bahwa Belum Ada Warna Kamuflase Yang Dicat Menandakan Bahwa Unit Ini Masih Merupakan Unit Produksi Pabrik Yang Belum Diserahkan Ke AU Russia.
Sumber : defense update

Keistimewaan Mil Mi-28 UB

Meski secara fisik terlihat sangat mirip bahkan sama persis dengan tampilan luar Mil Mi-28 N, varian UB memiliki beberapa keistimewaan yang tidak ada di varian Mil Mi-28 N. Ini dikarenakan varian UB merupakan varian helikopter tempur latih yang tugas utamanya adalah untuk melatih para calon pilot pengawak helikopter tempur Mil Mi-28 N. Sebagai helikopter tempur latih, varian UB didesain untuk dapat digunakan langsung untuk menjalankan misi tempur apabila dibutuhkan atau saat Russia dalam kondisi terdesak.

BACA JUGA :  Rusia Akan Kirimkan Satu Batch Helikopter Tempur Mi-24P Untuk Angola

Ada beberapa keistimewaan Mil Mi-28 UB sebagai sebuah helikopter tempur latih. Pertama, Mil Mi-28 UB memiliki fitur kendali penerbangan ganda atau dual hydromechanical flight control yang dapat dioperasikan baik oleh siswa maupun instruktur penerbangan. Dengan fitur ini, memungkinkan instruktur mengambil alih kendali penerbangan helikopter apabila siswa melakukan kesalahan yang berakibat pada berubahnya pergerakan helikopter menjadi tidak stabil / tidak normal.

Kedua, varian UB memiliki fitur penyerap energi atau energy absorber pada kursi kru pengawak. Ini merupaka upaya untuk meningkatkan tingkat keselamatan kru pengawak apabila helikopter ini harus melakukan pendaratan darurat. Jadi, apabila helikopter tersebut harus melakukan pendaratan darurat, kemungkinan terjadinya korban fatal dari kru pengawak tidak terlalu tinggi.

Ketiga, varian UB memiliki fitur keselamatan yang cukup unik. Selain dibekali dengan kursi yang mampu menyerap energi yang dihasilkan saat helikopter terhempas ke tanah, varian UB juga dibekali dengan sistem keselamatan dimana para pengawak dapat keluar dari helikopter menggunakan parasut apabila dibutuhkan dalam kondisi darurat. Pada bagian samping kiri pintu masuk kedalam area kokpit, tersimpan perangkat yang mirip dengan seluncur inflatable pada pesawat terbang.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

398

Video Spetsnaz menari ‘robot dance’!

0
HobbyMiliter.com - Pada Russian Military Expo 2015, dua orang prajurit Spetsnaz melakukan modern dance dengan gerakan seperti robot.

Recent Comments