Friday, December 9, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Serta Tokoh Pergerakan Nasional Indonesia

Sejarah Serta Tokoh Pergerakan Nasional Indonesia

Demi mencapai tujuan tersebut, Indische Partij pun memakai beberapa sarana yang mendukung, seperti media majalah Het Tijdschrifc dan juga surat kabar De Expres yang dipimpin Douwes Dekker. Indische Partij berusaha keras mendobrak kenyataan politik rasial yang dijalankan pemerintah kolonial saat itu dengan membangkitkan rasa kebangsaan serta cinta Tanah Air Indonesia.

Indische Partij berakhir saat Douwes Dekker, Suwardi Suryaningrat dan Cipto Mangunkusumo ditangkap pemerintah Belanda dengan alasan Indische Partij dianggap mengganggu serta mengancam ketertiban umum. Mereka pun dibuang ke berbagai daerah hingga akhirnya mereka dibuang ke Belanda.

  • Perhimpunan Indonesia
BACA JUGA :  Biografi John Lie, Pahlawan Angkatan Laut Indonesia

Sebelum diberi nama Perhimpunan Indonesia, nama saat awal didirikan adalah Indische Vereeniging yang dengan pelopornya Sutan Kasayangan Soripada dan RM Noto Suroto. Beberapa mahasiswa yang terlibat aktif dalam organisasi ini diantaranya adalah R. Pandji Sosrokartono, Natadiningrat, Abdul Rivai, Gondowinoto, Radjiman Wediodipuro atau Wediodiningrat serta Brentel.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

32-india-usir-wartawan-media-pemerintah-tiongkok-xinhua

India Usir Wartawan Media Pemerintah Tiongkok, Beijing Geram

2
Hobbymiliter.com - India resmi menolak perpanjangan visa kelompok wartawan dari kantor berita pemerintah Tiongkok, Xinhua. Demikian disampaikan sumber dari pemerintah India yang menyebut wartawan...

Recent Comments