Friday, April 19, 2024
HomeBlog MiliterReferensiBerbagai Pengertian HAM Hingga Contoh Pelanggarannya

Berbagai Pengertian HAM Hingga Contoh Pelanggarannya

Berbagai Pengertian HAM Hingga Contoh Pelanggarannya – HobbyMiliter.com – Pengertian HAM atau Hak Asasi Manusia selain penting buat diketahui namun juga penting untuk dihargai serta dihormati. HAM itu sendiri dikenal dengan istilah human rights dalam bahasa Inggris dan merupakan konsep normatif serta hukum yang menyatakan manusia punya hak yang melekat pada dirinya karena mereka adalah manusia.

Landasan yang mendasari HAM secara konseptual adalah adanya keyakinan bahwa hak tersebut dianugerahkan secara alami oleh Tuhan atau nalar atau alam semesta. Sebagian orang ada yang berpendapat bahwa HAM merupakan pengejawantahan berbagai nilai yang disepakati masyarakat, ada juga yang menganggap HAM sebagai perwakilan dari berbagai klaim kaum tertindas. Namun ada juga kelompok yang meragukan keberadaan HAM sama sekali, mereka menganggap HAM adalah hasil pencetusan dan pembicaraan manusia.

BACA JUGA :  Sistem Pertahanan dan Keamanan di Indonesia yang Berkonsep Pertahanan Rakyat Semesta

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Pengertian HAM secara umum mengandung makna berbagai hak dasar yang dimiliki semua manusia sebagai anugerah dari Tuhan yang dibawa sejak lahir. Sementara pengertian HAM menurut beberapa ahli akan diulas di paparan singkat di bawah ini.

John Locke

Merupakan hak manusia yang diberikan Tuhan secara langsung sebagai hak yang bersifat kodrati, suci dan mendasar, serta tidak ada kekuatan di dunia ini yang bisa mencabutnya.

Jan Materson

Merupakan hak yang ada di semua manusia, tanpa hak tersebut, manusia mustahil bisa hidup layak.

BACA JUGA :  Kejutan Beijing: Ekspor Senjata Tiongkok Naik Dua Kali Lipat

Wolhoff

Merupakan sejumlah hak yang seakan berakar di dalam diri tiap individu atau oknum yang muncul karena kemanusiaannya serta tidak bisa dicabut siapapun.

Miriam Budiarjo

Merupakan hak yang dimiliki tiap manusia sejak lahir yang bersifat universal dan tanpa ada perbedaan jenis kelamin, agama, suku, ras, dan lainnya.

Prof. Koentjoro Poerbopranoto

Merupakan hak yang dimiliki tiap manusia menurut kodratnya serta bersifat suci hingga tidak bisa dipisahkan dari hakikatnya.

Undang-undang

Merupakan seperangkat hak yang melekat dalam diri manusia sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah yang wajib dijunjung tinggi, dihormati serta dilindungi negara, pemerintah, hukum serta tiap orang demi kehormatan serta perlindungan martabat dan harkat manusia.

BACA JUGA :  Boeing dan Korean Air Ubah Helikopter Tua Militer Korsel Jadi Drone

Dasar Hukum HAM di Indonesia

Dasar hukum HAM di Indonesia dimuat dalam Konstitusi Republik Indonesia, entah itu dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alinea ke-4 maupun Batang Tubuh Undang-undang Dasar 1945 serta kembali dipertegas dalam Amandemen UUD 1945.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

28-rusia-jual-jet-tempur-mig-29m-ke-mesir

Paket Jet Tempur Mikoyan MiG-29M Dipesan Mesir Secara Rahasia?

0
Hobbymiliter.com - Laporan dari media bisnis memberitakan bahwa Rusia sedang dirumorkan akan memproduksi 46 unit jet tempur Mikoyan MiG-29M, setelah salah seorang pembeli bersedia...

Recent Comments