Saturday, April 20, 2024
HomeBlog MiliterReferensiAsas, Sifat, Landasan Serta Konsep Ketahanan Nasional

Asas, Sifat, Landasan Serta Konsep Ketahanan Nasional

Pertahanan negara tidak terpisahkan dari kemerdekaan bangsa Indonesia, karena kemerdekaan tersebut merupakan hasil perjuangan pergerakan bangsa melalui pengorbanan jiwa serta raga. Atas dasar itulah, bangsa Indonesia memegang prinsip bahwa kemerdekaan merupakan kehormatan bangsa yang mesti senantiasa dijaga serta dipertahankan.

Akan tetapi keputusan mewajibkan warga negara turut serta dalam upaya pertahanan negara mesti didukung perangkat undang-undang sebagai pelaksanaan Undang-undang Dasar 1945 sebagai landasan konstitusional. Undang-undang Dasar 1945 pasal 28 mengatur tentang hal tersebut.

Landasan Ketiga: Visional

Landasan visional dari ketahanan nasional adalah wawasan nusantara yang merupakan cara  pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan sebagai satu kesatuan yang utuh. Wawasan Nusantara dilihat dari geopolitik dimana Indonesia yang memiliki wilayah berupa gugusan Kepulauan Nusantara dan semua isinya merupakan satu kesatuan wadah serta sarana demi membangun dan menata diri menjadi bangsa dengan daya saing tinggi.

BACA JUGA :  RM70 Grad, Senjata Penghancur Dari Tengah Laut Milik Korps Marinir

Kepulauan Nusantara yang terwujud sebagai satu kesatuan pertahanan mengandung makna bahwa segala bentuk ancaman terhadap wilayah Indonesia tertentu pada hakikatnya dianggap sebagai ancaman terhadap kedaulatan nasional yang mesti dihadapi bersama dengan mengerahkan segenap daya serta kemampuan segenap bangsa.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Indonesia Tarik Helikopter Bolkow Dari Tugas Dinas PBB

Indonesia Tarik Helikopter Bolkow Dari Tugas Dinas PBB

0
Indonesia Tarik Helikopter Bolkow Dari Tugas Dinas PBB - HobbyMiliter.com - Indonesia akhirnya memutuskan menarik unit helikopter NBO-105 Bolkow dari tugas dinas nya di...
railroadguns-Schwerer Gustav

Railway Guns SUPER BESAR

Recent Comments