Wednesday, March 27, 2024
HomeMiliterAlutsistaBagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?- Hobbymiliter.com. Bidang Pertahanan udara dewasa ini memiliki sebuah pertanyaan,  utamanya setelah perang Suriah, Libya, serangan drone AS di Iraq dan tentunya konflik baru-baru ini yaitu konflik Nagorno-Karabakh.Utamanya ya bagaimana sebuah drone itu menaklukkan pertahanan udara

Dalam artikel singkat ini akan dibahas beberapa faktor, ya nggak banyak-banyak amat. Cukup yang umum saja.

Terbang sangat rendah.

Cakrawala Radar
Batas cakrawala radar yang dapat dimanfaatkan drone

Bahwa bumi kita yang bulat, memiliki sifat yang dapat dimanfaatkan oleh sebuah drone atau pesawat pada umumnya dalam menjalankan misinya yaitu cakrawala atau radar horizon. Sifat ini menjadi salah satu momok utama daripada radar atau sensor yang berbasis darat.  Drone atau benda terbang lain yang terbang sangat rendah akan lebih sulit di deteksi daripada yang terbang tinggi.

BACA JUGA :  Foto Foto Kekuatan Alutsista Pertahanan Udara Mesir

Bahwa faktor cakrawala sendiri juga bukan hanya satu-satunya alasan untuk terbang rendah, faktor lain yang “membantu” misi drone melawan pertahanan udara dengan terbang rendah adalah clutter.

Clutter di radar pertahanan udara atau sensor lain.

Clutter sendiri itu merupakan objek yang tidak diinginkan namun tetap muncul di layar radar karena ia berada di lokasi yang sama dengan yang sedang “disapu” oleh radar. contoh daripada clutter ini utamanya untuk radar militer adalah tanah, pegunungan, kota dan burung.

BACA JUGA :  Pasukan Suriah dan Militan Pro Pemerintah Kembali Rebut Utara Kota Aleppo

Kenapa clutter ini bisa ikut muncul ? Apakah tidak bisa pancaran radar itu difokuskan sehingga bagian yang ada clutternya ini tidak tersorot ? jawabannya adalah sangat sulit.

dalam dunia antena kita mengenal pola pancar/radiasi atau kalau mencari di mbah gugel adalah “antenna radiation pattern” Kita dapat melihat bahwa antena ini ya sebenarnya memancarkan gelombang elektromagnetik ke segala arah juga.

sidelobe and mainlobe
Pancaran antenna, ada sidelobe dan mainlobe

Pancaran radar yang “terkuat” dan mengarah ke arah yang diinginkan disebut dengan mainlobe, sementara pancaran yang mengarah ke selain daripada arah yang kita inginkan disebut “Sidelobe”.

Baik sidelobe maupun mainlobe ini adalah dapat menjadi sumber clutter (sidelobe clutter atau mainlobe clutter) Baik pada radar pertahanan udara namun juga radar secara umum. Dengan terbang rendah maka drone akan dapat “memaksa” radar untuk terpapar mainlobe atau sidelobe clutter karena mau tidak mau pasti pancaran radar akan “mengenai” tanah. Daya jangkau jelas berkurang karena radar pertahanan udara harus memfilter semua pantulan balik yang ia terima.

BACA JUGA :  UAV RQ-21A Blackjack Perkuat AL Thailand

Multipath Propagation/ perambatan gelombang dari berbagai jalur

Bahwa selain clutter, ada fenomena lain yang dapat menganggu sensor utamanya radar pertahanan udara dengan jenis penjejak sasaran (Tracking radar) Yaitu Multipath propagation.

Dhimas Afihandarin
Dhimas Afihandarinhttp://stealthflanker.deviantart.com
Pecinta militer, terutama yang berkaitan dengan topik Pertempuran elektronika dan desain alutsista.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Iran Nuclear

Iran Jual Air Nuklir Ke Amerika Serikat Sebagai Bagian Dari Kesepahaman

0
Hobbymiliter.com - Iran akan menjual sebagian dari persediaan air beratnya ke Amerika Serikat, sebagai bagian dari nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Teheran dengan negara-negara maju,...

Recent Comments