Tuesday, July 23, 2024
HomeMiliterAlutsistaBagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Skystriker-1-1
Drone Skystriker yang dijatuhkan pertahanan udara Armenia -Sumber : https://www.facebook.com/arcrun/posts/3187004624668457

Untuk nilai pasti daripada RCS tentu akan sangat bervariasi mengingat faktor-faktor diatas, apalagi frekuensi. Adalah salah untuk membandingkan RCS drone yang “terlihat” dari Radar pertahanan udara yang frekuensinya S-band (3 GHz) dengan yang terlihat di X-band (10 Ghz).  Drone sendiri paling tidak akan dapat memiliki RCS setara rudal jelajah, dengan nilai 0.3 meter persegi pada frekuensi X-band (10 GHz).

Saturasi Hanud

drone launcher
Peluncur Drone Cina untuk kontra Hanud

Teknik terakhir yang “ampuh” yaitu saturasi.  Semua bentuk pertahanan udara pasti memiliki keterbatasan dalam berapa sasaran yang dapat ia serang.  Drone atau UAV yang murah yang diluncurkan dalam jumlah besar, membidik kelemahan ini.

BACA JUGA :  MQ-9B STOL, Varian UAV Reaper Untuk Angkatan Laut – Marinir AS

Pada illustrasi diatas terlihat alutsista militer baru dari negeri tirai bambu yaitu peluncur swarm drone. satu truk tersebut dapat membawa 48 Drone, kok banyak-banyak buat apa ? Ya tentu biar tembus pertahanan udara lawannya.  Tren yang sama dapat dilihat di belanja militer Azerbaijan versi SIPRI yang ditelusuri penulis.

Pihak Azerbaijan memanfaatkan drone dari pesawat AN-2 untuk “memancing” SA-8 menyerangnya. Kemudian setelah posisi penembakan diketahui, drone seperti Harop, Harpy dan Orbiter yang “mengorbit” disekitar Pesawat AN-2 akan turun dan menghajar situs pertahanan udara yang sedang sibuk memandu rudalnya ke AN-2.

BACA JUGA :  Mengenal Kawasaki P1 Pesawat Patroli Maritim Baru dari Jepang

 

 

 

 

Dhimas Afihandarin
Dhimas Afihandarinhttp://stealthflanker.deviantart.com
Pecinta militer, terutama yang berkaitan dengan topik Pertempuran elektronika dan desain alutsista.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

KRI Nagapasa 403 sea trial

Nama Kapal Selam Terbaru milik TNI AL, Nagapasa, bukan Nagabanda

0
Akhir – akhir ini sering kita melihat foto penampakan kapal selam terbaru yang akan melengkapi Satuan Kapal Selam TNI AL, berseliweran di media sosial...

Recent Comments