Friday, April 19, 2024
HomeMiliterAlutsistaBagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Skystriker-1-1
Drone Skystriker yang dijatuhkan pertahanan udara Armenia -Sumber : https://www.facebook.com/arcrun/posts/3187004624668457

Untuk nilai pasti daripada RCS tentu akan sangat bervariasi mengingat faktor-faktor diatas, apalagi frekuensi. Adalah salah untuk membandingkan RCS drone yang “terlihat” dari Radar pertahanan udara yang frekuensinya S-band (3 GHz) dengan yang terlihat di X-band (10 Ghz).  Drone sendiri paling tidak akan dapat memiliki RCS setara rudal jelajah, dengan nilai 0.3 meter persegi pada frekuensi X-band (10 GHz).

Saturasi Hanud

drone launcher
Peluncur Drone Cina untuk kontra Hanud

Teknik terakhir yang “ampuh” yaitu saturasi.  Semua bentuk pertahanan udara pasti memiliki keterbatasan dalam berapa sasaran yang dapat ia serang.  Drone atau UAV yang murah yang diluncurkan dalam jumlah besar, membidik kelemahan ini.

BACA JUGA :  Sejarah Penggunaan Drone MAZLAT SCOUT Dalam Melawan OPM di Operasi Mapenduma

Pada illustrasi diatas terlihat alutsista militer baru dari negeri tirai bambu yaitu peluncur swarm drone. satu truk tersebut dapat membawa 48 Drone, kok banyak-banyak buat apa ? Ya tentu biar tembus pertahanan udara lawannya.  Tren yang sama dapat dilihat di belanja militer Azerbaijan versi SIPRI yang ditelusuri penulis.

Pihak Azerbaijan memanfaatkan drone dari pesawat AN-2 untuk “memancing” SA-8 menyerangnya. Kemudian setelah posisi penembakan diketahui, drone seperti Harop, Harpy dan Orbiter yang “mengorbit” disekitar Pesawat AN-2 akan turun dan menghajar situs pertahanan udara yang sedang sibuk memandu rudalnya ke AN-2.

BACA JUGA :  Australia Sangkal Tuduhan Ingin Merekrut Personil TNI Sebagai Agen

 

 

 

 

Dhimas Afihandarin
Dhimas Afihandarinhttp://stealthflanker.deviantart.com
Pecinta militer, terutama yang berkaitan dengan topik Pertempuran elektronika dan desain alutsista.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Boeing E3 Sentry

NATO Akan Tempatkan Pesawat E-3 AWACS di Timur Tengah Oktober Mendatang

0
Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO akan mengirimkan pesawat peringatan dini dan kendali udara atau Airborne Warning And Control System (AWACS) ke daerah –...

Recent Comments