Friday, April 19, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurAT-6 Wolverine, Modifikasi Pesawat Latih Menjadi Pesawat COIN Anti Gerilya

AT-6 Wolverine, Modifikasi Pesawat Latih Menjadi Pesawat COIN Anti Gerilya

Untuk membawa persenjataan, AT-6 dilengkapi tujuh cantelan (enam di sayap, satu di centerline) dengan empat cantelan mampu membawa MIL-STD 1760 smart weapons interface. Wolverine mampu memuat hampir dua ton senjata mulai dari senapan mesin kaliber .50 (gun pod), rudal udara ke darat AGM-114 Hellfire dan AGM-65 Maverick, rudal udara ke udara AIM-9 Sidewinder, bom Paveway II/IV, JDAM (joint direct attack munition), bom diameter kecil (SDB), serta pod roket kaliber 2.75 inci.

Untuk perlindungan, bagian kokpit dan mesin diberi tambahan lapisan baja. Sementara untuk anti infra merah, pesawat ditambah perangkat sistem peringatan serangan rudal AN/AAR-47 dan sistem ALE-47.

BACA JUGA :  Foto Kunjungan Kapal Perang India Ke Surabaya

Dalam pengoperasian, AT-6 dirancang sebagai pesawat berbiaya rendah. Turunan dari pesawat latih T-6 ini mengudara pertama kali tahun 2009. Rencana pembuatannya pertama kali disosialisasikan ke publik dalam Farnborough Airshow 2006.

Kehadiran Textron Aviation yang menaungi Beechcraft, Hawker, Cessna, Bell Helicopter, dan beberapa perusahaan lainnya di perhelatan Dubai Airshow 2015, tidak lain sebagai salah satu upaya memasarkan AT-6 Wolverine ke kawasan Timur Tengah dan Teluk. Textron dan Beechcraft Defense tampaknya masih harus bekerja keras menghadang dua pesaing utama mereka, Embraer A-29 Super Tucano dan IOMAX Archangel yang telah lebih dulu hadir dan mendapatkan pembeli.

BACA JUGA :  2021, US Air Force Pakai Sistem Mata-Mata Luar Angkasa Generasi Terbaru

Tidak seperti pesawat latih T-6A/B/C yang telah digunakan di sejumlah negara dan diproduksi 2.000 unit, AT-6 Wolverine hingga saat ini masih mencari peminatnya. Dikabarkan, AU Irak tengah mengkaji pembelian Wolverine yang dinilai pas dengan kriteria yang mereka inginkan.

Namun apesnya, pada kompetisi tender Pesawat Serang Ringan Angkatan Udara Amerika Serikat, AT-6 Wolverine kalah 2 kali dari A-29 Super Tucano.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

41-rusia-akan-gunakan-pelacak-ranjau-terbaru

Rusia Akan Gunakan Pelacak Ranjau Terbaru Untuk Latihan Taktis 2016 Mereka

0
Hobbymiliter.com - Unit teknik rekayasa khusus milik Daerah Militer Timur Rusia akan mengaplikasikan teknologi detektor ranjau terbaru dan anjing pelacak untuk mencari peledak musuh....

Recent Comments