Tuesday, March 26, 2024
HomeBlog MiliterBentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Malaysia

Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Malaysia

Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Malaysia – HobbyMiliter.com – Malaysia merupakan salah satu negara negara yang adat dan kebudayaannya hampir mirip dengan negara Kita, Indonesia. Hal ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh faktor geografis, dimana Indonesia dan Malaysia terletak di kawasan yang sama, yaitu Asia Tenggara.

Selain dengan Indonesia, Malaysia juga berbatasan langsung dengan beberapa Negara Asia lainnya, yaitu Brunei Darussalam, Filipina, Singapura serta Thailand. Negara dengan luas wilayah 329.847 km2 tersebut memiliki jumlah penduduk sekitar 32 juta jiwa pada tahun 2018. Sementara itu, 61,3% dari mayoritas penduduknya memeluk agama Islam.

BACA JUGA :  Foto Uji Coba Roket RHan 122mm

Apakah Bentuk Negara Malaysia?

Walaupun secara sepintas, negara ini memiliki adat dan budaya yang cenderung sama dengan Indonesia; namun ternyata Malaysia mempunyai bentuk negara yang berbeda. Federasi atau persekutuan adalah bentuk Negara Malaysia yang pada praktiknya ada beberapa negara bagaian yang saling dukung mendukung serta saling bekerjasama agar terbentuk persatuan dan kesatuan sebagaimana cita-cita dari sebuah negara itu didirikan.

Bentuk negara Malaysia tidak terlepas dari pengaruh kekuasaan Inggris yang dahulunya telah menjajah negara tersebut. Diketahui dari sejarah yang ada, Britania Raya pada awalnya telah mendirikan koloni yang bertempat di Semenanjung Malaya sehingga pada perkembangannya ada beberapa negara Melayu yang ikut bersekutu dengan Inggris Raya seperti Terengganu, Siam, Kelantan, Kedah dan Perlis. Tepatnya, pada Tanggal 31 Agustus 1957, Federasi Malaysia mampu mendeklarasikan kemerdekaanya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Nurtanio sedang menerbangkan N200 Sikumbang

Jangan Lupakan Nurtanio!!

0
Jangan Lupakan Nurtanio!! - HobbyMiliter.com - Apalah arti sebuah nama? Gugatan William Shakespeare ratusan tahun lalu ini masih terngiang sampai sekarang. Pujangga kenamaan ini...

Recent Comments