Tuesday, July 23, 2024
HomeBlog MiliterReferensiArti Sejarah Sebagai Peristiwa dan Contohnya

Arti Sejarah Sebagai Peristiwa dan Contohnya

Unik disini juga dapat berarti, bisa saja kejadian sejarah tersebut sama, tetapi waktu, tempat dan pelakunya pasti berbeda. Ada beberapa contoh peristiwa sejarah yang dapat dikategorikan sebagai peristiwa yang unik sebut saja Peristiwa G30 SPKI Tahun 1965 dan Peristiwa 1948 di Madiun. Bahkan, Peristiwa Perang Dunia I dan II pun dapat dikategorikan sebagai peristiwa sejarah yang unik karena tetap memiliki pemicu perang yang berbeda walaupun terjadi pada negara yang sama.

Penting untuk Diketahui Orang Banyak

Inilah sebabnya mengapa kisah hidup kita secara personal tidak dapat dikategorikan sebagai peristiwa sejarah. Ya, karena sejarah sebagai peristiwa tersebut harus kejadian yang penting untuk diketahui orang banyak.

BACA JUGA :  Vietnam Kembali Terima Sistem Rudal Pertahanan Udara SPYDER Dari Israel

Salah satu contoh peristiwa sejarah yang sangat penting dan berpengaruh terhadap kelangsungan negara tercinta Indonesia adalah Peristiwa Sumpah Pemuda yang terjadi pada Tanggal 28 Oktober Tahun 1928. Dengan adanya peristiwa tersebut, Indonesia yang beragam dapat disatukan dengan esensi yang ada pada teks sumpah pemuda tersebut.

Disamping itu, Sumpah Pemuda juga telah membangkitkan semangat para pemuda pada masa itu untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan demi terwujudnya masarakat yang homogen tetapi tetap rukun dan harmoni.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

61-iran-dan-tiongkok-catatkan-kerjasama-bersejarah

Iran dan Tiongkok Catatkan Kerjasama Bersejarah

0
Hobbymiliter.com - Presiden Iran, Hassan Rouhani pada Sabtu (23/1) kemarin mendukung “babak baru” hubungan bilateral mereka dengan Tiongkok setelah mengadakan pembicaraan dengan Presiden Xi Jingping...

Recent Comments