Thursday, April 18, 2024
HomeBlog MiliterReferensiPengertian Ideologi Pancasila Serta Berbagai Fungsi Pancasila

Pengertian Ideologi Pancasila Serta Berbagai Fungsi Pancasila

Dengan kata lain Pancasila sebagai sumber hukum Indonesia mengandung makna sebagai pandangan hidup, cita-cita hukum serta kesadaran hukum yang meliputi watak serta suasana kejiwaan bangsa Indonesia.

Cita-cita di atas mencakup kemerdekaan individu, kemerdekaan bangsa, perikemanusiaan, keadilan sosial, serta perdamaian nasional yang sudah menjadi hak dan kewajiban segenap warga negara. Sementara cita-cita hukum mencakup bentuk, sifat, dan juga tujuan negara, dan cita-cita moral terkait hukum kehidupan rakyat yang berhubungan dengan kemasyarakatan dan juga keagamaan.

Fungsi Pancasila Sebagai Perjanjian Luhur

Perjanjian luhur sendiri menyangkut ikrar yang dibuat saat proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia oleh para tokoh pendiri bangsa dan saat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia selaku wakil segenap rakyat Indonesia yang mengesahkan perjanjian luhur tersebut dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara secara konstitusional dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 pada tanggal 18 Agustus 1945.

BACA JUGA :  DSME Terima Kontrak Produksi Kapal Penyelamat Kapal Selam ASR-II
Fungsi Pancasila Sebagai Falsafah Hidup Yang Mempersatukan Bangsa Indonesia

Pancasila berperan dan berfungsi sebagai sarana atau alat ampuh untuk mempersatukan bangsa Indonesia yang kaya akan budaya, suku, ras, agama serta etnis yang beragam agar tidak terjadi masyarakat majemuk dan multikultural. Berbagai nilai yang terkandung dalam Pancasila dianggap paling adil, tepat, benar, serta bijak bagi keragaman bangsa Indonesia yang bisa mempersatukan segenap rakyat Indonesia.

Fungsi Pancasila Sebagai Cita-Cita Serta Tujuan Bangsa Indonesia

Pancasila yang dirumuskan dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alinea II dan IV memuat cita-cita dan tujuan nasional yang kemudian dijabarkan dalam tujuan pembangunan nasional. Cita-cita luhur ini pada akhirnya diharapkan dapat tercapai oleh bangsa Indonesia selaku bangsa dan negara.

BACA JUGA :  Kepala Intelijen MI5 Inggris: Rusia Kian Mengancam Keamanan Inggris
Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Pancasila berperan serta berfungsi sebagai pandangan hidup, pegangan hidup, petunjuk hidup serta pedoman hidup yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Singkatnya berbagai nilai yang terkandung dalam Pancasila diamalkan dalam hidup keseharian, entah itu dalam melakukan kegiatan maupun berbagai aktivitas hidup lain.

Fungsi Pancasila Sebagai Moral Pembangunan

Pancasila berperan dan berfungsi sebagai tolak ukur dalam pelaksanaan pembangunan nasional, entah dalam perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, pengawasan maupun saat melakukan evaluasi.

Pancasila bukan cuma berfungsi dan berperan sebagai dasar negara namun juga sekaligus merupakan tujuan nasional yang terwujud lewat pembangunan nasional di segala bidang. Dengan kata lain semua pembangunan nasional yang dilakukan mesti dilakukan dengan berlandaskan pada berbagai nilai yang terkandung dalam Pancasila.

BACA JUGA :  Prinsip Demokrasi Pancasila di Negara Indonesia

Sekian dulu artikel terkait topik pengertian ideologi Pancasila serta berbagai fungsi Pancasila lainnya. Semoga bisa membantu dalam mengamalkan berbagai nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Foto Foto Dokumentasi Sejarah Terkait Pemberontakan PERMESTA

0
Foto Foto Dokumentasi Sejarah Terkait Pemberontakan PERMESTA - HobbyMiliter.com - Pemberontakan PERMESTA adalah suatu episode sejarah dalam kehidupan bangsa Indonesia. Didalam buku Alex Kawilarang maupun...

Recent Comments