Thursday, October 6, 2022
HomeBlog MiliterSejarahLatar Belakang G30SPKI: Puncak Pemberontakan Partai Komunis Indonesia

Latar Belakang G30SPKI: Puncak Pemberontakan Partai Komunis Indonesia

Di kancah dunia politik Indonesia saat itu, ada tiga kekuatan besar yang berada di pemerintahan, yaitu Angkatan Darat, PKI serta Presiden. Dengan begitu kedudukan PKI setara atau bisa disamakan dengan Angkatan Darat, hingga PKI menganggap Angkatan Darat sebagai penghalang utama dalam mewujudkan cita-cita mendirikan negara Indonesia berlandaskan paham komunis.

Ketika itu ada tiga kekuatan besar dalam pemerintahan yaitu Angkatan Darat, PKI dan Presiden

Latar Belakang G30SPKI

Latar Belakang G30SPKI yang merupakan peristiwa pemberontakan yang didalangi PKI pada malam hari menjelang pagi di tanggal 30 September sampai 1 Oktober 1965, menelan korban sampai tujuh perwira tinggi militer Indonesia dan beberapa orang korban jiwa lain. Upaya kudeta terhadap pemerintahan Indonesia di bawah kekuasaan Presiden Soekarno ini antara lain karena PKI bertujuan mendirikan negara Indonesia berlandaskan paham komunisme.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Bantu Pemerintah Militan, Jet Tempur AS Mulai Perangi ISIS di Libya

0
Hobbymiliter.com - Jet tempur AS resmi memulai kampanye serangan udara untuk menghancurkan titik-titik militan ISIS di negara tersebut. Sebagai langkah awal, US Air Force...

Recent Comments