Thursday, April 25, 2024
HomeMiliterKisah MiliterKisah Vladimir Putin Nyaris Mati Ditembaki Di Chechnya

Kisah Vladimir Putin Nyaris Mati Ditembaki Di Chechnya

Perang Chechnya pertama (1994-1996) pertama adalah konflik antara pasukan Angkatan Bersenjata Rusia dengan pasukan dari wilayah yang memproklamirkan diri sebagai Republik Chechnya Ichkeria (CRI). Ketidakstabilan politik dan ketidakpuasan pada pemerintahan Uni Soviet yang menekan rakyat pada saat itu mendorong pembentukan kelompok-kelompok bersenjata di Chechnya, Ichkeria dan daerah-daerah sekitarnya. Perang ini berlangsung antara 1994 hingga 1996, ketika pasukan Chechnya dibawah kepemimpinan Dzhokhar Dudayev berhasil merepotkan pasukan Rusia, hingga kemudian tercapai perjanjian damai yang intinya Chechnya tetap merdeka secara de facto dan mundurnya pasukan Rusia dari seluruh wilayah Chechnya.

BACA JUGA :  Mengenal Helikopter Tempur Rusia Kamov Ka-50 Hokum

Perang Chechnya Kedua dimulai pada tahun 1999, tiga tahun setelah perang pertama selesai dengan perjanjian damai. Perang Chechnya kedua ini dimulai menyusul sejumlah serangan teror yang menargetkan infrastruktur sipil dan bangunan tempat tinggal di Rusia, yang menargetkan kota-kota besar antara lain Moskow dan St.Petersburg. Pada perang ini, Ibu kota Grozny dihancurkan dengan artileri berat oleh Rusia dan pasukan Chechnya mengalami kekalahan, terlebih setelah Rusia berhasil melacak dan membunuh beberapa pemimpin Chechnya, termasuk Dzhokhar Dudayev.

Pada akhirnya, kemerdekaan negara Chechnya dihapuskan, dan dimasukkan sebagai salah satu negara bagian dari Federasi Rusia. Vladimir Putin juga mengangkat Akhmad Kadyrov, salah satu pemimpin milisi Chechnya yang membelot ke Rusia sebagai Presiden negara bagian tersebut. Setelah Akhmad Kadyrov dibunuh oleh mantan rekan seperjuangannya, anaknya, Ramzan Kadyrov menggantikannya hingga sekarang.

BACA JUGA :  Dapat Dana Segar 30 Miliar Dollar, Iran Akan Beli Alutsista Baru

Pada serangan Rusia ke Ukraina tahun 2022 ini, Ramzan Kadyrov mengirimkan tentara dan peralatan perang untuk bertempur di pihak Rusia.

-disadur dan diupdate seperlunya dari tulisan Wahyu Parind di Ammochambers.com

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Mengenal USS Renville, Kapal Perang Tempat Ditandatanganinya Perjanjian Renville

Mengenal USS Renville, Kapal Perang Tempat Ditandatanganinya Perjanjian Renville

0
Hobbymiliter.com - Mengenal USS Renville, Kapal Perang Tempat Ditandatanganinya Perjanjian Renville. Sebagian besar dari masyarakat Indonesia tentu pernah mendengar tentang Perjanjian Renville. Di sekolah...

Recent Comments