Friday, September 23, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Bung Tomo, Orator Pertempuran 10 November 1945

Biografi Bung Tomo, Orator Pertempuran 10 November 1945

Bung Tomo mengatakan ia memperoleh filsafat kepanduan yang disertai kesadaran nasionalis dari kakeknya dan juga Kepanduan Bangsa Indonesia atau KBI yang merupakan organisasi tempat Bung Tomo bergabung.

Prestasi yang berhasil diraih adalah dengan menjadi orang kedua di Hindia Belanda yang mencapai tingkat Pandu Garuda di usia 17 tahun. Peringkat tersebut hanya berhasil diraih oleh tiga orang Indonesia sebelum pendudukan Jepang tahun 1942. Selain itu, Bung Tomo juga pernah merintis karir menjadi jurnalis yang sukses dan bergabung dengan berbagai organisasi politik dan sosial. Pada tahun 1944 Bung Tomo terpilih menjadi anggota Gerakan Rakyat Baru yang merupakan organisasi disponsori Jepang.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

John Boyd - www.hobbymiliter.com

Sekelumit Kisah Tentang John Boyd

0
HobbyMiliter - Nasib sutradara memang tak pernah bisa menandingi artis yang dilontarkannya ke awang-awang. Takdir tadi rupanya juga berlaku di dunia penerbangan militer. Bahwa...

Recent Comments