Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Biografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Keputusan Presiden No 1 Tahun 1948 yang dikeluarkan tanggal 2 Januari 1948 menyatakan bahwa pimpinan TNI dipecah menjadi Staf Umum Angkatan Perang yang dimasukkan ke Kementerian Pertahanan dengan pimpinan Kepala Staf Angkatan Perang atau KASAP dan Markas Besar Pertempuran yang dipimpin Panglima Besar Angkatan Perang Mobil. Tugas Staf Umum Angkatan Perang adalah sebagai perencana taktik dan siasat yang berkoordinasi dengan Kementerian Pertahanan sedangkan Staf Markas Besar Angkatan Perang Mobil bertugas sebagai pelaksana taktis operasional. Saat itu Presiden Soekarno mengangkat Soerjadi Soerjadarma sebagai Kepala Staf Angkatan Perang dan Sudirman sebagai Panglima Besar Angkatan Perang Mobil.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

41-rudal-s-400-rusia-ditempatkan-di-krimea

Sistem Rudal S-400 Rusia Ditempatkan di Krimea, Wilayah Ukraina Terancam

1
Hobbymiliter.com - Rusia sedang memperkuat kemampuan Anti-Access/Area-Denial (A2/AD) di semenanjung Krimea dengan menerjunkan sistem pertahanan rudal udara S-400 Triumf. Kedatangan S-400 yang dapat dipersenjatai...

Recent Comments