Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Biografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Setelah Belanda mengakui kedaulatan Indonesia tanggal 27 Desember 1949, Sudirman pun tetap diangkat sebagai Panglima Besar TNI di Republik Indonesia Serikat walau menderita TBC. setelah sekian lama berjuang melawan TBC yang dideritanya, Sudirman wafat pada tanggal 29 Januari 1950 pukul 18:30 di Magelang.

Jenazah Sudirman kemudian disemayamkan di Masjid Gedhe Kauman dan dilakukan upacara pemakaman yang diakhiri dengan prosesi hormat 24 senjata. Setelah itu jenazah Sudirman dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Semaki di sebelah makam Oerip. Pemerintah pusat Indonesia memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang sebagai tanda berkabung serta mempromosikan Sudirman menjadi jenderal penuh.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

77-inggris-gunakan-kemampuan-perang-siber-di-mosul

Bantu Sergap ISIS di Mosul, Inggris Gunakan Kemampuan Perang Siber

0
Hobbymiliter.com - Menteri Pertahanan Inggris Sir Michael Fallon menerangkan bahwa Inggris punya andil dalam membantu Irak merebut kembali Mosul dari tangan ISIS, yakni berupa...

Recent Comments