Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Biografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Pada tahun yang sama, Sudirman menikah dengan teman sekolahnya, Alfiah yang merupakan putri pengusaha batik kaya bernama Raden Sastroatmojo. Dari pernikahannya, mereka dikaruniai tiga putra, Ahmad Tidarwono, Muhammad Teguh Bambang Tjahjadi, dan Taufik Effendi serta empat putri yaitu Didi Praptiastuti, Didi Sutjiati, Didi Pudjiati, serta Titi Wahjuti Satyaningrum.

Sebagai guru, Sudirman populer di kalangan muridnya karena mencampur humor dengan nasionalisme serta mengajarkan pelajaran moral dengan memakai contoh kehidupan para rasul dan kisah wayang tradisional. Tidak heran kalau berkat kegigihan serta keuletan dan giatnya Sudirman dalam mengajar, dia kemudian diangkat menjadi kepala sekolah. Di kalangan para guru, Sudirman dikenal sebagai pemimpin yang demokratis dan moderat serta aktif dalam berbagai kegiatan penggalangan dana.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

69-isis-bunuh-11-anggota-asal-belanda

ISIS Bunuh 11 Militan Asal Belanda Karena Dianggap Memberontak

0
Hobbymiliter.com - ISIS dilaporkan baru saja membunuh 8 anggotanya yang berasal dari Belanda. Kedelapan anggota tersebut dituduh berusaha membelot. Demikian disampaikan oleh kelompok jurnalis...

Recent Comments