Sunday, September 25, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Biografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Beberapa macam buku karya ibu Kartini yakni Habis Gelap Terbitlah Terang, dan Surat-Surat Kartini, Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya; Letters from Kartini, An Indonesian Feminist 1900-1904; Panggil Aku Kartini Saja; Aku Mau … Feminisme dan Nasionalisme. Surat-Surat Kartini kepada Stella Zeehandelaar 1899-1903; Kartini Surat-surat kepada Ny. Abendanon-Mandri dan suaminya.

Berkat kegigihan Kartini, Yayasan Kartini kemudian mendirikan Sekolah Wanita yang diberi nama Sekolah Kartini di Semarang di tahun 1912 dan kemudian menyebar hingga ke Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon, dan berbagai daerah lainnya. Yayasan Kartini sendiri didirikan keluarga Van Deventer yang merupakan tokoh Politik Etis pada tahun 1916.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

83-latihan-perang-gabungan-korsel-as-dimulai

Meski Diancam Korut, Latihan Perang Gabungan Korsel dan AS Tetap Dimulai

1
Hobbymiliter.com - Korea Selatan dan Amerika Serikat baru saja memulai latihan militer gabungan sebagai respon dari peluncuran senjata nuklir yang terus dilanjutkan oleh Korea Utara....

Recent Comments