Wednesday, August 10, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Perang Padri, Salah Satu Perang Saudara di Indonesia

Sejarah Perang Padri, Salah Satu Perang Saudara di Indonesia

Kaum Padri melakukan perlawanan dengan menggunakan taktik serangan gerilya hingga berhasil menggagalkan serangan Belanda ke Bonjol tersebut. Selama periode tahun 1834 Belanda fokus perhatian mereka pada pengerahan kerja paksa untuk pembuatan jalan dan jembatan sebagai akses ke Bonjol dan menanamkan pengaruh ke beberapa kawasan sekitar kubu pertahanan mereka.

Perang Padri berlanjut tanggal 16 April 1835 saat Belanda memutuskan menyerang dan menaklukkan Bonjol. Keputusan tersebut diikuti tindakan nyata dengan melakukan operasi militer tanggal 21 April 1835. Benteng Bonjol sendiri dikenal dengan nama Bukit Tajadi dimana dinding luarnya terdiri dari beberapa batu besar yang di atasnya ditanami bambu berduri panjang dengan rapat agar dapat dijadikan tempat pengamatan bahkan tempat menembakkan meriam ke pasukan Belanda oleh Kaum Padri.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

76-iran-sangkal-tuduhan-penyerangan-terhadap-uss-mason-di-yaman

Iran Sangkal Tuduhan Penyerangan Terhadap USS Mason di Yaman

0
Hobbymiliter.com - Pada hari Kamis, 20 Oktober, Iran mengatakan pihaknya menolak segala tuduhan yang dialamatkan ke Teheran perihal dugaan serangan rudal yang dialamatkan kepada...

Recent Comments