Wednesday, March 27, 2024
HomeIndonesia dan Korea Selatan Setujui Kontrak Pengembangan Jet Tempur Senilai 17 Triliun

Indonesia dan Korea Selatan Setujui Kontrak Pengembangan Jet Tempur Senilai 17 Triliun

7-indonesia-dan-korea-selatan-setujui-pengembangan-jet-tempur-kf-x
Demonstrasi render jet tempur KF-X. Sumber: Jejaktapak

Program ini bertujuan untuk memproduksi jet tempur terbaru yang dikembangkan secara mandiri oleh Korea Selatan, untuk menggantikan armada jet tempur F-4 dan F-5 yang sudah menua. Dulunya jet tempur ini diimpor dari Amerika Serikat.

Sebelumnya pada Maret 2015, konsorsium KAI dan pabrikan kendaraan udara Lockheed Martin memenangkan sebuah kontrak bernilai 8,6 triliun won atau sekitar 117 triliun rupiah untuk memproduksi 120 jet tempur bagi angkatan udara Korea Selatan.

Investasi dari Kemenhan RI ini menutupi sekitar seperlima dari total biaya pembuatan proyek ini, dimana 100 orang pekerja Indonesia juga akan turut ambil bagian dalam pengembangan dan produksi jet tempur tersebut. Demikian disampaikan oleh pihak KAI dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA :  KAI T-50TH LIFT Thailand

Indonesia juga akan diberikan satu pesawat purwarupa dan mendapat akses ke dalam data teknis dan informasi mengenai proyek tersebut.

Pemerintah Korsel berencana akan menaruh pesawat buatan proyek ini ke dalam armada angkatan udara mereka untuk menjaga kedaulatan negaranya dari ancaman Korea Utara yang bersenjatakan nuklir.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

11-vietnam-peringkatkan-tiongkok

Vietnam Peringkatkan Tiongkok Karena Melanggar Keamanan Penerbangan

0
Hobbymiliter.com - Civil Aviation Authority of Vietnam (CAAV) menuduh Tiongkok telah melakukan ancaman keamanan terhadap lalu lintas udara di regional Laut Cina Selatan, dengan...

Recent Comments