Thursday, April 25, 2024
HomeVietnam Peringkatkan Tiongkok Karena Melanggar Keamanan Penerbangan

Vietnam Peringkatkan Tiongkok Karena Melanggar Keamanan Penerbangan

Pangkalan Tiongkok di Kepulauan Spratly yang menjadi sengketa.
Pangkalan Tiongkok di Kepulauan Spratly yang menjadi sengketa.

Dalam sebuah kutipan yang diterbitkan oleh media online pemerintah Vietnam, Zing.vn pada Jumat (8/1) kemarin, direktur CAAV Lai Xuan Thanh mengatakan bahwa surat keberatan mengenai penerbangan tersebut telah disampaikan ke Beijing. Pihaknya juga mengajukan keberatan kepada organisasi penerbangan sipil internasional PBB (ICAO).

“Pesawat Tiongkok tersebut telah mengabaikan semua aturan dan norma-norma yang ditetapkan oleh ICAO karena tidak melaporkan rencana penerbangan ataupun melakukan kontak radio dengan pusat pengendali lalu lintas udara Vietnam,” ujar Thanh.

Dari tahun baru hingga 8 Januari saja, Vietnam telah mencatat 46 insiden pesawat Tiongkok yang terbang tanpa peringatan di wilayah kedaulatan udara Vietnam. Pihak pusat pengendali lalu lintas udara mencatat kejadian ini terjadi tepat di sebelah selatan ibukota Ho Chi Minh City. Demikian dilaporkan oleh surat kabar Tuoi Tre.

BACA JUGA :  K2 Black Panther, MBT super mahal Korea Selatan tahun 2009

Media pemerintah Tiongkok mengakui bahwa hari Rabu (6/1) silam dua pesawat penumpang mendarat di lokasi terumbu karang Fiery Cross, di kepulauan Spratly. Kepulauan ini adalah inti dari percekcokan sengketa wilayah antara Vietnam dan Tiongkok.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Latar Belakang Pemberontakan G30SPKI

Latar Belakang Pemberontakan G30SPKI

0
Latar Belakang Pemberontakan G30SPKI - HobbyMiliter.com - Siapa yang tidak mengenal sejarah kelam bangsa Indonesia G30SPKI. Peristiwa bersejarah yang menewaskan enam Jenderal yang gugur...

Recent Comments