Wednesday, March 27, 2024
HomeTiongkok Buka Pangkalan Militer Di Afrika, AS Mencermati

Tiongkok Buka Pangkalan Militer Di Afrika, AS Mencermati

23-tiongkok-buka-pangkalan-militer-di-afrika
Parade Pasukan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA). Sumber: Reuters

Amerika Serikat, yang juga memiliki pangkalan militer di Djibouti, khawatir tentang perluasan lingkup pengaruh Tiongkok yang kini merambah Benua Hitam. Menurut James Poulos yang bekerja di surat kabar The Week, Washington memang sudah seharusnya khawatir.

“Berkat banyaknya tantangan dan prioritas berbeda yang dihadapi kedua kekuatan ekonomi dan militer ini, intervensi Tiongkok di Afrika adalah bentuk dari pesta pora yang dinikmati Beijing dan krisis bagi AS,” tulis Poulos.

Djibouti memiliki lokasi geostrategis yang ideal di sepanjang Laut Merah. Negara ini juga memiliki pemerintah yang stabil, sehingga menjadikannya tempat yang cocok bagi AS dan Tiongkok. Jika Washington menggunakan pangkalan militernya di Afrika untuk meluncurkan operasi drone, maka pangkalan Beijing untuk saat ini hanya akan bertujuan mengakomodasi banyaknya investasi yang mereka lakukan di benua itu.

BACA JUGA :  Foto Pesawat Bomber Tupolev Tu-22M3

“Di Afrika, Tiongkok telah menemukan bukan hanya pasar untuk mengeruk uang tetapi untuk memberi pekerjaan dan mengakuisisi tanah – dua komponen penting dari pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” ujar Poulos.

Pada saat acara Forum Kerjasama Tiongkok-Afrika bulan lalu, Beijing berjanji untuk menginvestasikan 60 miliar dollar di Afrika. Tiongkok tidak memberi jenis bantuan tanpa bunga yang biasa disediakan oleh Barat, namun sebagian besar investasi mereka akan datang dalam bentuk pinjaman dan kredit ekspor.

“Tiongkok mulai beroperasi di Afrika dengan penuh kepercayaan diri, dengan mengadakan hubungan yang lebih bernuansa saling menguntungkan ketimbang hubungan Afrika dengan perusahaan Amerika dan pemerintah federalnya,” demikian tulis Dewan Hubungan Luar Negeri Tiongkok dalam sebuah posting blog.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Galeri Foto Patroli TNI di Perbatasan Papua

Galeri Foto Patroli TNI di Perbatasan Papua

1
Hobbymiliter.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari  Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 406/Candra Kusuma, Purbalingga, Jawa Tengah, yang bertugas di Papua mendapat tugas...

Recent Comments