Thursday, March 28, 2024
HomeAS-Tiongkok Adakan Latihan Maritim Bersama, Tanda Hubungan Membaik?

AS-Tiongkok Adakan Latihan Maritim Bersama, Tanda Hubungan Membaik?

USCGC Mellon. Sumber: Flickr
USCGC Mellon. Sumber: Flickr

J. Berkshire Miller, ahli hubungan internasional di Council of Foreign Relations yang bermarkas di Tokyo, menyebutkan bahwa operasi gabungan tersebut adalah awal yang bagus untuk menjembatani kedua negara, namun dibutuhkan lebih banyak kerjasama supaya ketegangan antara Tiongkok dan AS beserta negara-negara sekutunya bisa mereda.

Ia menyebut bahwa Tiongkok harus mau melakukan perundingan secara jujur dengan Jepang. “Di Laut Cina Timur, misalnya, Beijing harus mau bekerjasama dengan Tokyo secara terbuka dan memberi komitmen berjangka untuk menerapkan mekanisme pencegahan krisis soal sengketa pulau Senkaku/Diaoyu.

BACA JUGA :  UAV Rajawali 330 Akan Perkuat TNI AD

Sementara itu, Brian Dykens menambahkan bahwa operasi gabungan juga akan diadakan bersama negara-negara Pasifik utara lainnya, dengan tujuan “mendeteksi dan mencegat aktivitas penangkapan ikan yang bersifat ilegal dan tidak diregulasi, termasuk penangkapan ikan dengan menggunakan drift net berukuran besar yang dapat merusak ekosistem laut.”

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

69-angkatan-udara-turki-bergabung-di-irak

Turki Kirim Angkatan Udaranya Untuk Bantu Lawan ISIS di Mosul

0
Hobbymiliter.com - Turki pada hari Selasa (18 Oktober) resmi mengkonfirmasi bahwa angkatan udaranya akan ikut ambil bagian dalam operasi untuk menumpas ISIS dari kota...

Recent Comments