Sunday, February 5, 2023
HomeAS-Tiongkok Adakan Latihan Maritim Bersama, Tanda Hubungan Membaik?

AS-Tiongkok Adakan Latihan Maritim Bersama, Tanda Hubungan Membaik?

USCGC Mellon. Sumber: Flickr
USCGC Mellon. Sumber: Flickr

J. Berkshire Miller, ahli hubungan internasional di Council of Foreign Relations yang bermarkas di Tokyo, menyebutkan bahwa operasi gabungan tersebut adalah awal yang bagus untuk menjembatani kedua negara, namun dibutuhkan lebih banyak kerjasama supaya ketegangan antara Tiongkok dan AS beserta negara-negara sekutunya bisa mereda.

Ia menyebut bahwa Tiongkok harus mau melakukan perundingan secara jujur dengan Jepang. “Di Laut Cina Timur, misalnya, Beijing harus mau bekerjasama dengan Tokyo secara terbuka dan memberi komitmen berjangka untuk menerapkan mekanisme pencegahan krisis soal sengketa pulau Senkaku/Diaoyu.

BACA JUGA :  Foto Kapal Tunda Baru TNI-AL, TD Anjasmoro

Sementara itu, Brian Dykens menambahkan bahwa operasi gabungan juga akan diadakan bersama negara-negara Pasifik utara lainnya, dengan tujuan “mendeteksi dan mencegat aktivitas penangkapan ikan yang bersifat ilegal dan tidak diregulasi, termasuk penangkapan ikan dengan menggunakan drift net berukuran besar yang dapat merusak ekosistem laut.”

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

73-as-serukan-pertemuan-dengan-rusia-bahas-pelanggaran-traktat-rudal

Tuduh Rusia Langgar Traktat Senjata Rudal, AS Minta Bertemu Dengan Moskow

0
Hobbymiliter.com - Amerika Serikat menyerukan kepada Rusia untuk bertemu sesegera mungkin demi membahas tuduhan pelanggaran perjanjian pengendalian senjata yang pernah mereka setujui pada era...

Recent Comments