Saturday, October 1, 2022
HomeBlog MiliterKetika Hawk 209 TNI AU Digunakan Melawan GAM

Ketika Hawk 209 TNI AU Digunakan Melawan GAM

Secara umum, Hawk 200 Mk-60 yang diberi kode khusus Indonesia Hawk 209 memiliki banyak kelebihan dari versi terdahulu Mk-53. Menurut BAe, mesin Adour Mk.871 lebih kuat 25 persen dari seniomya. Kehebatan lain adalah dipasanginya alat pengendus malam hari (FLIR).

Pada rancangan bodi juga terlihat ada sentuhan. Penggunaan sayap tempur (combat wing) dengan sirip manuver tempur secara sadar dirancang untuk meningkatkan kinerja pesawat dalam pertempuran udara. Masih lagi ditambahkan chaff dan flare di bagian belakang sebagai sistem pertahanan diri.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

3 COMMENTS

    • Bukankah Pemberontak ya tetap pemberontak? Bukan kah kritikan tetap kritikan ? Jangan jadikan agama menjadi bagian akhir sebuah kritrikan

    • Republik Maluku Selatan itu “Kristen”, tapi ditumpas secara militer tuh? Korban OPM juga sesama rakyat Papua, masih inget gak penyanderaan satu desa di Papua oleh OPM, mereka “Kristen” tuh?

      Jangan SARA bos. Biar gimanapun juga leluhur kita entah itu Muslim, Kristen, Hindu, Buddha semua sama-sama memperjuangkan negeri ini saat perang kemerdekaan melawan Agresi Militer Belanda. Untuk kepentingan bersama, bukan golongan.

      Dan jangan samakan level GAM dengan OPM. Intensitas konflik bersenjata di Aceh lebih tinggi karena GAM lebih besar jumlahnya dan lebih lengkap persenjataannya, sementara di Papua OPM terbatas persenjataannya sebatas senjata rakitan. Percuma mengerahkan pesawat untuk target yang bahkan tidak kita ketahui konsentrasinya di mana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

82-sistem-radar-zoopark-1-rusia

Mengenal Sistem Radar Zoopark-1 Rusia, Pengawas Gencatan Di Suriah

0
Hobbymiliter.com - Militer Rusia dikabarkan telah memasang sistem elektronik yang memungkinkan Moskow dan sekutunya untuk memantau situasi pasca gencatan senjata di Suriah. Dalam kurun seminggu terakhir,...

Recent Comments