Wednesday, April 24, 2024
HomeBlog MiliterMengenal Robot Penyelam (ROV)

Mengenal Robot Penyelam (ROV)

ROV mempunyai satu set alat pengapung yang terletak di atas sasis baja. Pengapung tersebut berbahan dari busa sintetis. Pada bagian bawah ROV terdapat peralatan sensor yang cukup berat. Kabel tambat berguna memberikan suplai listrik serta mengirim data video dan juga sinyal. Ketika pemasangan kabel-kabel listrik bertegangan tinggi, ROV menggunakan tenaga hidrolik. Tiap sisinya akan memancarkan sonar untuk melacak keberadaan target di bawah permukaan. Saat sonar melacak adanya material padat, maka ROV akan berbunyi. Daya jangkau sonar ROV mencapai 60 meter.

BACA JUGA :  Pesawat Angkut Antonov An132D Memulai Debut Di Timur Tengah

Ketika peperangan, ROV kerap kali diterjunkan sebagai penghancur ranjau yang dapat mendeteksi target di dasar laut. US NAvy adalah yang pertama kali mengggunakan ROV untuk keperluan militer. Mereka memodifikasi ROV khusus untuk manangkap ranjau-ranjau laut serta mencaria hilangnya bom atom di Spanyol saat kecelakaan pesawat pada tahun 1966.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

BTR4M Kormar

Panser Amfibi BTR-4M Pesanan Korps Marinir TNI AL Tiba Di Indonesia

3
Sore tadi, kapal barang MV. Texel yang membawa Panser Intai Amfibi BTR4M Bucephalus pesanan Korps Marinir TNI AL tiba di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta....

Recent Comments