Friday, December 2, 2022
HomeBlog MiliterMengenal Robot Penyelam (ROV)

Mengenal Robot Penyelam (ROV)

Sistem ROV tersusun dari vehicle yang terintegrasi menggunakan kabel umbilical pada pusat kontrol dan operator dari permukaan air (dari kapal, rig hingga barge). ROV juga mengusung perangkat sensor seperti kamera video, transponder, kompas, odometer, bathy (data kedalaman) dan komponen lainnya tergantung kebutuhan.

ROV 3

ROV mempunyai satu set alat pengapung yang terletak di atas sasis baja. Pengapung tersebut berbahan dari busa sintetis. Pada bagian bawah ROV terdapat peralatan sensor yang cukup berat. Kabel tambat berguna memberikan suplai listrik serta mengirim data video dan juga sinyal. Ketika pemasangan kabel-kabel listrik bertegangan tinggi, ROV menggunakan tenaga hidrolik. Tiap sisinya akan memancarkan sonar untuk melacak keberadaan target di bawah permukaan. Saat sonar melacak adanya material padat, maka ROV akan berbunyi. Daya jangkau sonar ROV mencapai 60 meter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

28-tcg-anatolia-kapal-serbu-amfibi-turki

TCG Anatolia, Kapal Serbu Amfibi Modern Turki

0
Hobbymiliter.com - Turki baru saja memulai proyek konstruksi sebuah kapal serbu amfibi serbaguna terbarunya. Proyek ini dinamai TCG Anadolu, atau yang dalam bahasa Inggris disebut...

Recent Comments