Sunday, November 27, 2022
HomeBlog MiliterRanjau Anti Heli : Mimpi Buruk Para Infiltran

Ranjau Anti Heli : Mimpi Buruk Para Infiltran

ranjau-heli 3

Bedanya dengan ranjau darat, ranjau heli dipasang di permukaan tanah tetapu corak serta warnanya biasanya dikamuflase. Sistem sensor berbasis hembusan angin ini saat di lapangan memiliki beberapa kendala, seperti antena pemicu yang bisa saja tersentuh oleh binatang atau bahkan warga sipil. Sehingga ranjau heli ini sampai saat ini belum secara resmi digunakan.

Padahal jika melihat peristiwa infiltrasi saat jejak pendapat di Timor Timur serta kerusuhan di Maluku, kerap kali terdapat black flight menggunakan helikopter di wilayah NKRI, jika ranjau heli ini dipasang di wilayah yang rawan dengan pendaratan, seperti pantai, pasti heli penyusup mampu dihancurkan tanpa perlu menunggu jet tempur TNI AU untuk melaksanakan intercept. Untuk mendapat efek penghancur yang besar, biasanya ranjau heli dipasang pada pola melingkar di suatu titik. Jenis lainnya yang lebih modern yaitu menggunakan sensor infra merah, memang akurasinya lebih tinggi tapi biayanya tentu tidak murah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pesawat Antonov An-74T-200, Jet Angkut Multiguna

Pesawat Antonov An-74T-200, Jet Angkut Multiguna

0
Pesawat Antonov An-74T-200, Jet Angkut Multiguna - HobbyMiliter.com - Salah   satu pesawat jet kelas ringan dari Ukraina yang kini gencar dipromosikan adalah Antonov An-74T...

Recent Comments