Thursday, April 25, 2024
HomeBlog MiliterVektor G12 20mm : PSU Milik KRI Clurit 641

Vektor G12 20mm : PSU Milik KRI Clurit 641

Dari segi performanya, Vektor G12 memiliki jarak tembak maksimal mencapai 10.020 meter serta jarak tembak efektif mencapai 2.000 meter menggunakan peluru HE (high explosive). Kanon laras single ini memiliki kecepatan tembak mencapai 750 amunisi tiap menit, selain itu kecepatan tembak proyektilnya mencapai 1.050 meter tiap detik. Amunisi berkaliber 20×139 mm ini mampu menembakkan proyektil berhulu ledak APC-T HEI, TP, HEI-T, APHEIT, APDS-T, APHEI, hinggs TP-T.

Sosok Vektor G12 dinilai sebagai senjata alternatif untuk keperluan kapal perang TNI AL. Hingga kini kapal perang TNI AL berjenis korvet SIGMA masih belum menggunakan sistem senjata bersistem CIWS (Close In Weapon System). Untuk KRI Kujang dan KRI Clurit dikabarkan akan mengusung sistem kontrol senjata tercanggih menggunakan Sensor weapon control (Sewaco), yang dapat menghubungkan kanon kaliber 30 mm sejumlah 6 laras untuk CIWS. Tapi pada kenyataannya sampai saat ini kedua KRI masih menggunakan Vektor G12 pada haluannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

39-marinir-as-menangis-saat-ditangkap-iran

Komandan Garda Revolusi Iran: “Marinir AS Menangis Saat Kami Tangkap”

0
Hobbymiliter.com - Komandan Militer Iran mengakui bahwa Marinir AS yang dibebaskan dari tahanan Iran pada hari Rabu (13/1) kemarin “menangis” saat ditangkap karena secara ilegal...

Recent Comments